Profil Ilias Alhaft Bawa Bendera Indonesia Usai Bantu Klub Promosi ke Eredivisie
Pemain keturuan Indonesia Ilias Alhaft saat membantu timnya Almere City promosi ke Liga Utama Belanda Eredivisie. (INSTAGRAM)

Bagikan:

JAKARTA – Keberhasilan klub Belanda Almere City promosi ke Liga Utama Eredivisie turut melambungkan nama pesepak bola Ilias Alhaft yang membawa bendera Indonesia.

Alhaft menjadi populer dalam beberapa hari belakangan di media sosial karena terlihat membawa bendera Indonesia dan Maroko saat membantu klubnya Almere promosi ke kasta tertinggi klub Belanda.

Bendera Indonesia

Keberadaan Alhaft membawa bendera Indonesia kemudian diunggah ke akun media sosial. Akun tersebut memang memfokuskan diri untuk membahas pemain-pemain keturunan yang bermain di luar negeri.

Alhaft adalah pemain dengan darah Indonesia dari sang ayah yang lahir di Rotterdam, Belanda, 23 Februari 1997. Dia biasa beroperasi di sisi sayap kanan dan kiri serta bisa bermain sebagai gelandang serang.

Saat ini pemain 26 tahun itu memegang paspor Belanda dan diketahui pernah membela timnas Belanda U-20. Di tim nasional kelompok umur tersebut dia tercatat memiliki 10 caps.

Alhaft tercatat mengawali karier di tim muda Ridderkerk sebelum bergabung dengan Sparta Rotterdam. Di klub tersebut karier Alhaft berkelanjutan mulai dari U-17 hingga tim senior sebelum pindah ke Almere pada 2019.

Di sana ia tampil sebanyak 101 laga. Khusus pada musim 2022/2023, Alhaft bermain 33 kali serta menyumbang enam assist dan dua gol untuk Almere.

Adapun sepanjang karier membela Almere, Alhaft berhasil membuat 18 gol dan 12 asis.

Almere City sebelumnya juga pernah dibela dua pemain yang kini berstatus sebagai WNI. Pemain yang dimaksud adalah Stefano Lilipaly dan Ezra Walian.