Perjuangan Luar Biasa Atlet Para Atletik Indonesia: Rela Tumbang demi Persembahkan Medali untuk Merah Putih
Atlet para-atletik putri Nanda Mei Sholihah ditandu keluar lintasan usai berlomba pada nomor lari 400 meter putri T47 dalam ajang ASEAN Para Games 2023. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perjuangan luar biasa diperlihatkan atlet para atletik Indonesia nomor 400 meter di ajang ASEAN Para Games 2023. Mereka berjuang mati-matian hingga tumbang demi mempersembahkan medali.

Satu per satu atlet para atletik nomor 400 meter tumbang akibat kelelahan agar Bendera Merah Putih berkibar di Kamboja.

Perjuangan mereka tak sia-sia. Medali mulai dari perunggu, perak, hingga emas berhasil diraih saat berjuang di Stadion Nasional Morodok Techo Phnom Penh Kamboja, Senin, 5 Juni.

Satu-satunya medali emas di nomor ini dipersembahkan Karisma Evi Tiarani pada klasifikasi T44 dengan catatan 1 menit 11,22 detik.

Pada nomor 400 meter putri T20, Tiwa mendapatkan medali perak dengan catatan waktu 1 menit 4,39 detik. Pada nomor yang sama, Elvin Elhudia Sesa mendapat perunggu dengan waktu 1 menit 4,79 detik.

Elvin berteriak sekeras-kerasnya sambil berbaring di lintasan karena menahan sakit pada kakinya. Dia menangis sejadi-jadinya meski tim medis sudah memberikan penanganan.

Atlet para-atletik tunanetra Susan Unggu juga meraih medali perak pada nomor 400 meter putri T11 dengan catatan waktu 1 menit 6,89 detik. Susan yang berlari bersama-sama dengan pendampingnya juga hampir tumbang karena berlari sprint tiada henti satu putaran lintasan.

Atlet para-atletik putri yang berlomba paling terakhir adalah Nanda Mei Sholihah. Dia meraih perak di nomor 400 meter T47 usai finis dengan catatan 1 menit 2,45 detik, berjarak sangat tipis dengan lawannya Sasirawan Inthachot dari Thailand dengan catatan 1 menit 1,52 detik.

Nanda Mei Sholihah tumbang di lintasan dan harus ditandu ke tepi untuk diberikan penanganan medis. Dia hampir kehabisan napas hingga memerlukan bantuan selang oksigen sambil tim medis memeriksa saturasi oksigennya.

Hingga hari ini, tim Indonesia dari cabang olahraga para-atletik telah menyumbangkan 20 medali emas, 21 perak, dan 10 perunggu. Sementara secara total Indonesia mengumpulkan 63 emas, 46 perak, dan 32 perunggu.