Klasemen Akhir La Liga 2022/2023: Valencia, Getafe, Cadiz dan Almeria Lolos dari Jeratan Degradasi
Valencia memastikan diri lolos dari jeratan degradasi. (Foto: Twitter/@LaLiga_EN)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi La Liga 2022/2023 berakhir seiring dengan digelarnya pekan ke-38 pada Senin, 5 Juni dini hari WIB. Laga terakhir membuat persaingan di papan bawah menjadi panas.

Pasalnya, ada lima tim yang berjuang untuk lolos dari jeratan degradasi. Nasib baik akhirnya didapat Valencia, Getafe, Cadiz dan Almeria.

Sementara Real Valladollid harus gigit jari karena terdegradasi ke Divisi Segunda bersama Espanyol dan Elche.

Di saat butuh kemenangan, Valladolid hanya mampu bermain imbang dengan Getafe di kandangnya sendiri. Alhasil, tambahan satu poin tak mampu membuat mereka beranjak dari batas akhir zona degradasi, yakni posisi ke-17.

Padahal, peluang untuk lolos sangat besar karena di pertandingan lain para rivalnya juga mendapatkan hasil imbang. Cadiz bermain imbang lawan Elche, Valencia ditahan Real Betis, sedangkan Almeria hanya merebut satu poin dari Espanyol.

Sementara itu, Barcelona menutup musim dengan torehan 88 poin meski laga terakhir mereka tak berakhir manis, kalah 1-2 dari Celta Vigo. Meski demikian, Robert Lewandowski Cs tetap mengangkat trofi disusul Real Madrid yang mengekor di posisi kedua pada klasemen akhir.

Hingga pekan terakhir, Real Madrid meraih 78 poin dari 38 laga yang telah dijalani di La Liga 2022/2023. Totalnya Los Blancos meraih 24 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 8 kekalahan.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Atletico Madrid. Mereka total meraih 77 poin, hanya terpaut 1 angka dari Real Madrid di klasemen.

Lanjut di posisi keempat ada oleh Real Sociedad yang mengumpulkan total 71 poin. Posisi lima besar klasemen akhir La Liga 2022/2023 dilengkapi oleh kehadiran Villarreal dengan koleksi 64 poin.