SEA Games 2023: PBSI Minta Atlet Waspadai Kondisi Cuaca di Kamboja
Suasana tim bulu tangkis Indonesia saat mendapat pengarahan jelang laga SEA Games 2023. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menyampaikan pesan untuk para atlet yang akan tampil di SEA Games 2023. Ia meminta pemainnya waspada akan kondisi cuaca di Kamboja.

Rionny meminta agar para atlet membiasakan diri dengan cuaca di Phnom Penh yang sangat terik di luar tapi sejuk di dalam lapangan. Situasi tersebut dianggap Rionny bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan konsentrasi saat tampil.

“Anak-anak harus membiasakan diri dengan cuaca di sini (Phnom Phen). Di luar kan panas sekali, lalu masuk ke ruangan sejuk,” kata Rionny Mainaky dalam keterangan tertulis PBSI dikutip pada Senin, 8 Mei.

“Ini mereka harus jaga kondisinya. Begitu juga konsentrasi dan fokus harus bagus," kata Rionny menambahkan.

Rionny kemudian mengapresiasi penyelenggara SEA Games 2023 di Kamboja. Sebab meski ramai dikatakan bahwa kesiapan multi event ini belum sepenuhnya, tapi venue dan perkampungan atlet dianggap Rionny tidak mengecewakan.

"Venue Badminton Hall Morodok Techo cukup bagus ya walaupun agak kecil tapi dari angin, lampu dan karpet lapangan semua normal," kata Rionny.

"Begitu juga di perkampungan atlet. Mereka menyiapkan shuttle bus menuju venue walau jaraknya dekat. Ini sangat membantu kami karena kami tidak perlu jalan kaki di cuaca panas terik. Belum lagi alat-alat gym yang modern. Walau disebut belum siap tapi ini tidak mengecewakan," ucap Rionny.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri telah menjajal tiga lapangan pertandingan dalam sesi latihan pada hari Sabtu, 6 Mei. Setelah meninjau kondisi lapangan, Rionny mengaku cukup puas dengan hasilnya.

Untuk jadwal pertandingan, cabang olahraga bulutangkis di SEA Games 2023 akan dimulai pada 8-16 Mei. Dalam kesempatan ini akan ada kategori beregu putra, beregu putri, beregu campuran dan perorangan yang akan dipertandingkan.