Menang Hoki Lewat Adu Penalti Kontra Brighton, MU Tantang Man City di Final Piala FA
Penyerang Manchester United Marcus Rashford dalam pertandingan semifinasl Piala FA (@ManUTD)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United (MU) beruntung bisa mengalahkan Brighton and Hove Albion lewat adu penalti dengan skor 7-6 dalam semifinal Piala FA yang dimainkan di Stadion Wembley, Minggu 23 April WIB malam.

Kemenangan ini mengantarkan MU ke final Piala FA. Skuad Erik ten Hag akan bertemu dengan rival sekota, Manchester City di babak final.

Pertandingan babak pertama berjalan sengit meski harus berakhir dengan skor 0-0. Brighton memberikan ancaman pertama di menit 7 ketika tendangan Alexis Mac Allister berhasil ditepis kiper David de Gea.

MU membalas di menit 14 ketika tendangan Bruno Fernandes masih bisa diamankan kiper Robert Sanchez. Beberapa kali aksi Bruno Fernandes mampu merepotkan pertahanan Brighton.

Jelang turun minum, dua peluang emas didapat MU yang sayangnya gagal berbuah gol. Pertama, di menit 44 saat bola tendangan Bruno Fernandes dari sudut sempit masih melebar. Satu menit berselang tendangan Anthony Martial masih melambung di atas mistar gawang.

Babak kedua berjalan lebih sengit. Brighton bangkit dan beberapa kali menebar ancaman ke gawang MU.

Menit 56 kiper David de Gea mampu menghalau tendangan Julio Enciso setelah sundulan Lewis Dunk berhasil dihalau. MU membalas lewat aksi Antony yang diselesaikan dengan tendangan di menit 60. Namun bola tendangan pemain asal Brasil ini masih bisa diamankan kiper Robert Sanchez.

Brighton merespon melalui Solly March yang memaksa De Gea kembali melakukan sebuah penyelamatan dari sudut sempit.

Skor 0-0 memaksa dimainakannya babak tambahan. Kembali tidak adanya gol membuat pemenang ditentukan lewat penalti. Lima penendang penalti MU berhasil mencetak gol.Namun satu dari lima penendang Brigthon yakni S March gagal menjadi gol.

Susunan Pemain

Brighton & Hove Albion: Sanchez; Gross, Webster, Dunk, Estupinan; Caicedo, Mac Allister; March, Enciso, Mitoma; Welbeck

Subs: Steele, Colwill, Undav, Ayari, Gilmour, Van Hecke, Veltman, Offiah, Buonanotte.

Manchester United: De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Shaw, Dalot; Fernandes, Casemiro, Eriksen; Antony, Martial, Rashford

Subs: Butland, Malacia, Sabitzer, Fred, Sancho, Weghorst, Pellistri, Williams, Elanga.