Bagikan:

JAKARTA - Striker timnas Norwegia, Erling Haaland, tampil luar biasa di musim pertamanya bersama Manchester City. Tambahan satu gol ke gawang Bayern Munchen pada leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis, 20 April dini hari WIB, membuatnya kian kukuh sebagai pencetak gol terbanyak sementara dengan 12 gol.

Selain itu, dia sudah mengoleksi 48 gol untuk Manchester City di semua kompetisi. Itu yang menjadikan debutnya bersama The Citizens begitu istimewa.

Rahasia di balik musim Haaland yang luar biasa di Manchester City telah terungkap saat sang striker memposting foto-foto sedang mengonsumsi 'ramuan ajaib'.

Ternyata, dia ditenagai oleh susu smoothie yang dicampur dengan bayam dan kangkung. Diunggah ke Instagram, sang striker berpose dengan dua liter susu sambil menuliskan gambar 'aku dan ramuan ajaibku'.

Rekan setimnya di Man City, Ruben Dias, membalas unggahan Haaland dengan memposting emoji tawa di kolom komenta.

Ayah Haaland, Alfie yang juga mantan pemain Man City, menawarkan untuk membantu putranya dengan memerah susu sapi di Norwegia. Dia juga secara pribadi mengantarkan titu kepada sang putera untuk membantunya mempertahankan performa terbaik.

Mantan pelatih Haaland, Erase Steenslid mengungkapkan, betapa luar biasanya pemain muda berbakat itu. Dia bahkan menyebut genetik dari Haalans sangat istimewa.

"Tubuhnya merespons latihan dengan sangat baik karena genetikanya diistimewakan," ungkap Steenslid.

"Dia mendapatkan 12 kg otot dalam 15 bulan. Itu gila. Kami membangun ototnya dari awal. Dia selalu yang paling dekat dengan prasmanan dan piringnya benar-benar segunung makanan."

"Saya merancang sebuah lintasan untuknya di mana di salah satu stasiun dia harus menabrak karung… dan suatu hari dia membaginya menjadi dua," lanjut sang mantan pelatih.

Haaland bahkan memasang cryochamber senilai 50 ribu pounds di rumahnya untuk membantu pemulihan tubuhnya. Cristiano Ronaldo telah menggunakan teknologi serupa untuk membuatnya tetap bugar.

Pemain berusia 22 tahun itu menggunakan teknik khusus untuk mengontrol ritme sirkadiannya, siklus 24 jam yang bertindak sebagai jam internal tubuh, termasuk memakai kacamata cahaya biru untuk mengurangi efek layar yang mengurangi tidur.

Seperti yang Anda bayangkan, diet sangat penting dan Haaland memakan kalori - hampir 6000 sehari dan dua setengah kali lebih banyak dari yang seharusnya dimiliki pria pada umumnya.

"Menurut saya makan makanan berkualitas yang se-lokal mungkin itu yang paling penting," jelasnya sebelumnya. "Orang bilang daging itu buruk untukmu tapi yang mana? Daging yang Anda dapatkan di McDonald's?," sambungnya.

Haaland diketahui memakan organ dan potongan daging hewan tanpa lemak yang jarang digunakan. Itu bisa menjadi sumber protein pembentuk otot yang kaya.

Haaland juga rutin berlatih yoga sebagai sarana menjaga kelenturan dan meregangkan otot-ototnya setelah digunakan. Yoga telah terbukti meningkatkan pemulihan, serta merilekskan tubuh dan pikiran dan Haaland secara teratur bermeditasi, bahkan menjadikannya sebagai perayaan gol.

Satu lagi pendekatan perbaikan yang tidak biasa adalah keinginan Haaland untuk membantu ritme sirkadiannya, jam internal tubuh yang memengaruhi siklus tidur-bangun.

Alih-alih tidur untuk memaksimalkan waktu istirahat di pagi hari, Haaland bangun pagi untuk menyerap cahaya pagi.

Dia berkata, "Hal pertama yang saya lakukan di pagi hari adalah mendapatkan sinar matahari di mata saya, itu bagus untuk ritme sirkadian."