Peraih Medali Emas Olimpiade Klete Keller Terseret Kerusuhan Capitol Hill
Ilustrasi Capitol Hill. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Peraih lima medali Olimpiade untuk Amerika Serikat Klete Keller, didakwa atas dugaan keterlibatannya dalam kerushan di Capitol Hill, Washington, Rabu pekan lalu.

Ia dakwa dengan sengaja memasuki atau sengaja memasuki atau berada di gedung atau lahan yang terbatas tanpa otoritas yang sah. Masuk dengan kekerasan dan perilaku yang tidak tertib, menghalangi penegak hukum yang menangani gangguan sipil.

Tuduhan ini sesuai dengan dokumen yang diajuakn di Pengadilan Distrik di Washington, Rabu 13 Januari seperti melansir CNN. Dokumen pengadilan menyebut, Keller teridentifikasi gambar salah satu media.

Sementara, Agen Khusus FBI Matther R. Barofsky dalam dokumen pengadialn menulis, Keller teridentifikasi dengan membandingkan fotonya dengan foto di surat izin mengemudi miliknya yang dikeluarkan Negara Bagian Colorado.

"Foto-foto dari Capitol juga menunjukkan Keller mengenakan jaket Tim Olimpiade AS dan menjadi salah satu individu tertinggi," tulisnya. Tinggi Keller sendiri diketahui 6 kaki 6 inci atau sekitar 1,98 meter. 

Sementara, USA Swimming dalam keterangannya kepada CNN mengatakan, menghormati hak individu dan kelompok untuk melakukan protes damai. 

"Tetapi, tidak memaafkan tindakan yang terjadi di Capitol Hill minggu lalu," jelas USA Swimming.