Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, FIFA Segera Putuskan Sanksi untuk PSSI
FIFA cabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. (Foto: Dok. FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ancaman sanksi pun sudah di depan mata.

Pernyataan resmi dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 diumumkan secara resmi oleh FIFA pada Rabu, 29 Maret malam WIB. Pembatalan ini mengacu keadaan yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Hal ini berkaitan dengan penolakan partisipasi tim Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 2023. 

Dalam pernyataannya, FIFA menyebut sanksi terhadap PSSI akan diberikan pada tahap selanjutnya.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," bunyi pernyataan resmi FIFA.

Meski akan menjatuhkan sanksi terhadap PSSI, FIFA tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI terkait proses transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI.

Sejatinya Piala Dunia U-20 2023 diagendakan pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Namun jelang penyelenggaraan tersebut muncul polemik soal keikutsertaan timnas Israel U-20.

Beberapa pihak menolak Israel tampil dan hadir di Indonesia mengingat tidak adanya hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Polemik ini pada akhirnya berdampak pada pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023. FIFA memutuskan untuk membatalkan drawing di Bali karena gelombang penolakan terhadap Israel yang terjadi di Indonesia.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah," demikian pernyataan FIFA.