Bagikan:

JAKARTA - Bandung bjb Tandamata berhasil keluar sebagai juara di final Proliga Putri 2023. Gelar ini diraih setelah menumbangkan Jakarta Pertamina Fastron.

Dalam laga final yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Sabtu, 18 Maret malam WIB, Bandung bjb Tandamata menutup laga dengan skor 3-2 (27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8).

Dikutip dari Antara pada Minggu, 19 Maret kemenangan Bandung bjb Tandamata ini membuat mereka tercatat sebagai tim yang menjuarai Proliga secara beruntun. Torehan itu sempat juga diamankan oleh Surabaya Bank Jatim pada tahun 2007 dan 2008 serta Jakarta Elektrik PLN.

Laga final antara Bandung bjb dengan Jakarta Pertamina Fastron merupakan pertemuan ideal, sebab sejak awal musim kedua tim sama-sama dijagokan merebut juara. Selama babak reguler dan empat besar berlangsung, kedua tim juga saling mengalahkan.

Di partai final, set pertama hampir jadi milik Jakarta Pertamina Fastron yang tampil solid. Mereka sempat unggul jauh dengan skor 23-18, namun gempuran Bandung bjb Tandamata di sisa waktu membuat mereka merebut lima angka beruntun hingga menyamakan skor 23-23.

Pertamina Fastron kembali memimpin 24-23, tetapi lagi-lagi Bandung bjb membuat poin seimbang 24-24 dan berlanjut 25-25 hingga akhirnya juara bertahan memenangi set pembuka 27-25.

Memasuki set kedua, pertandingan berjalan lebih sengit, tapi lagi-lagi keunggulan jadi milik Bandung bjb lewat serangan Medeline Jazmin dan Ceren Kapucu yang berhasil membawa mereka unggul 25-22.

Jakarta Pertamina Fastron yang kehilangan dua set tidak menyerah begitu saja. Megawati Hangestri serta kawan-kawan mampu bangkit dan bermain dengan pertahanan lebih solid guna memperpanjang nafas saat mengambil set ketiga 26-24.

Agresivitas Pertamina Fastron berlanjut saat memasuki set keempat. Mereka kembali menang 25-20. Catatn itu sekaligus memaksa Bandung bjb memainkan set kelima.

Dengan perpanjangan babak yang akan menentukan hasil akhir, Pertamina Fastron sempat memimpin 4-1, tetapi juara bertahan Bandung bjb mengejar dan menyamakan kedudukan 4-4.

Medeline Jazmin menjadi penggerak bagi serangan Bandung bjb. Lewat pukulan tajamnya ia mampu membuat tim unggul 8-4. Setelah itu, laju Bandung bjb untuk merebut gelar tidak lagi terbendung lewat skor akhir 15-8.

Sebelum Bandung bjb Tandamata memastikan kemenangan di partai final, pada laga perebutan tempat ketiga, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia sukses mengalahkan tim debutan Jakarta BIN dengan skor 3-0.