6 Cara Memulai Karier Menjadi Atlet Profesional
Ilustrasi atlet (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjadi seorang atlet profesional tida bisa dilakukan secara instan. Ada banyak proses yang harus dilakoni saat meniti karier menjadi atlet. Jika Anda ingin serius di bidang olahraga, ketahui dulu cara memulai karier menjadi atlet profesional.

Cara Memulai karier Menjadi Atlet Profesional

Sebenarnya tak ada rumus khusus yang menjelaskan langkah apa yang harus diambil setelah memutuskan untuk menjadi atlet profesional. Namun patut diketahui bahwa Anda untuk beberapa olahraga ada batas maksimal yang berlaku. Sebagai contoh, Anda tak bisa memulai jadi atlet sepak bola di usia 40 tahun, namun bisa mulai berlatih di usia 10 tahun.

Meski demikian, ada pula olahraga yang tak membatasi usia sehingga Anda bisa menjadi atlet untuk cabang olahraga tersebut. Sebagai contoh olahraga catur. Anda bisa berlatih catur dan menjadi atlet di usia 30 tahun.

Di luar dari hal tersebut, berikut ini cara memulai karier jadi atlet olahraga profesional.

  1. Tentukan Cabor

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan cabang olahraga (cabor) apa yang akan Anda tekuni. Langkah ini penting dilakukan agar Anda fokus berlatih dan tidak mengganti pilihan di tengah perjalanan. Selain itu menentukan cabor di awal akan meminimalisir kegagalan Anda menjadi atlet di masa depan.

Di Indonesia sendiri ada banyak cabang olahraga yang bisa dipilih seperti sepak bola, basket, bulu tangkis, renang, angkat besi, catur, MMA, billiard, dan masih banyak lagi.

  1. Pilih Cabor yang Sepi Peminat

Meski di Indonesia banyak cabang olahraga yang bisa dipilih, tidak semua populer. Sebagai contoh, saat ini peluang menjadi atlet MMA di Indonesia masih terbuka lebar karena keterbatasan atlet. Hal itu bisa jadi peluang untuk Anda yang ingin menjadi atlet MMA.

  1. Kuasai Bidang

Setelah menentukan cabor, Anda harus mulai berlatih olahraga yang ingin Anda tekuni. Untuk menjadi atlet, Anda juga harus menguasai permainan dan aturan. Keduanya sama-sama penting untuk memperlancar karier atlet di kemudian hari.

Di tahap ini calon atlet benar-benar harus berlatih keras dan teratur. Selain itu disarankan untuk menjaga pola hidup sehat untuk menghindari hal-hal yang berpotensi menggagalkan cita-cita sebagai atlet profesional.

  1. Bergabung ke Sekolah Olahraga

Sekolah olahraga bisa jadi jalan tepat. Pasalnya ada banyak keuntungan yang akan didapat oleh calon atlet olahraga melalui sekolah olahraga. Misalnya, calon atlet akan mendapatkan bimbingan dari pelatih profesional. Selain itu calon atlet juga mendapat jaringan yang luas sehingga lebih mudah mendapatkan informasi terkait event olahraga.

Sekolah olagraga juga sering jadi tempat rujukan bagi para pencari bakat dari klub besar. Mereka biasanya mencari pemain berbakat muda untuk bergabung ke klub mereka dan diajak bergabung. Kasus ini bahkan banyak terjadi didunia.

  1. Ikuti Kompetisi

Jangan pernah ragu untuk mengikuti kompetisi olahraga. Anda bisa mengikuti kompetisi olahraga dari tingkat paling rendah. Sebagai contoh, Anda memutuskan untuk menjadi atlet olahraga bulutangkis. Cobalah untuk ikut kejuaraan tingkat daerah atau kota. Setelah itu Anda bisa mengikuti kejuaraan dengan tingkat lebih tinggi mulai dari provinsi hingga antarnegara.

  1. Ciptakan Rekor Baru

Di dunia olahraga, rekor juga bisa jadi jalan untuk menjadi atlet. Biasanya antar atlet akan saling berkompetisi untuk memecahkan rekor baru dalam bidang masing-masing. Anda pun harus melakukan demikian. Menciptakan rekor baru secara tidak langsung membantu meningkatkan kemampuan Anda di bidang olahraga yang ditekuni.

Selain terkait cara memulai karier menjadi atlet profesional, kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.