El Clasico Barcelona Vs Real Madrid Bukan Jadi Titik Penentu Gelar La Liga, Kata David Villa
Mantan pemain Barcelona, David Villa. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bigmatch bakal tersaji di pentas La Liga Spanyol, akhir pekan nanti. Barcelona akan menjamu Real Madrid di Stadion Camp Nou dalam lanjutan La Liga Spanyol, pada Senin, 20 Maret dini hari WIB.

Laga ini digadang-gadang menjadi titik penentu perburuan gelar La Liga. Jika berhasil mengandaskan Los Blancos, Barcelona diprediksi bakal mulus melangkah ke tangga juara.

Tak semua berpendapat demikian. Mantan pemain Barcelona, David Villa, menyebut hal tersebut tak bisa jadi patokan. Menurutnya segala kemungkinan masih bisa terjadi hingga akhir musim.

"Tidak 100 persen (persaingan usai jika Barcelona menang), karena secara matematika tidak demikian. Jika Real Madrid tidak menang, akan lebih rumit untuk mereka, tapi semuanya terbuka," kata Villa dalam Virtual Call La Liga, Rabu 15 Maret.

Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid merupakan pertemuan yang sarat gengsi. Musim ini, aroma persaingan kian kental karena berkaitan dengan persaingan gelar juara.

Sejauh ini Barcelona memimpin klasemen sementara dengan raihan 65 poin. Blaugarana unggul sembilan poin dari Madrid.

Andai mampu mengalahkan Los Blabcos, Barcelona akan memperlebar jarak menjadi 12 poin dengan 12 laga tersisa. Kondisi ini membuat Blaugrana semakin dekat untuk menjadi juara.

Sebaliknya jika dalam laga nanti Madrid yang menang, itu akan menghidupkan peluang menambah poin untuk memangkas jarak menjadi enam poin.

"Jika Barcelona menang, jarak 12 poin bakal sulit dikejar. Namun sampai akhir musim semuanya masih mungkin," lanjut David Villa.

Berdasarkan perhitungan, Barcelona lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan El Clasico nanti. Selain karena bermain di kandang, rekor Gavi dan kawan-kawan dalam beberapa El Clasico terakhir juga sangat mengesankan.

Madrid memang berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1 pada pertemuan pertama, Oktober silam. Namun El Barca sukses menyapu bersih dua laga selanjutnya pada ajang Piala Super Spanyol dan Copa del Rey.

Meski begitu, David Villa enggan menempatkan Barcelona sebagai unggulan. Menurutnya, hasil duel-duel sebelumnya tidak akan banyak berpengaruh.

"Berdasarkan pengalaman saya, El Clasico selalu berbeda. Pertandingan ini tidak terpengaruh dari laga-laga sebelumnya. Ini berbeda," ungkap mantan pemain Valencia itu.

"Semuanya berubah ketika pertandingan dimulai. Ini adalah pertandingan kompetitif antara dua tim terbaik di dunia," pungkasya.