Derby Paling Bergengsi di Dunia Sepak Bola, Tampilkan Rivalitas Panas dan Pertandingan Memukau
Derby paling bergengsi di dunia sepak bola (Foto: Twitter/@premierleague)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kompetisi dalam liga sepak bola tidak hanya memperebutkan pemuncak klasemen dan gelar juara di akhir musim. Di dalam setiap liga, biasanya ada rivalitas panas antara dua klub yang pertandingannya sangat dinantikan. Ada sejumlah derby paling bergengsi di dunia sepak bola.

Derby bergengsi dalam sepak bola tersaji dari rivalitas dua klub besar. Rivalitas ini sudah terbangun sejak lama dan memiliki sejarah panjang jika ditarik jauh ke belakang. Loyalitas dan kebanggaan dalam setiap klub terus diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga derby antara dua rival klub selalu dinantikan para penggemar bola. 

Derby sengit dua rival klub besar selalu ada di setiap liga, baik  di Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, hingga Liga Jerman. Berikut beberapa derby paling bergengsi di dunia sepak bola yang selalu ditunggu-tunggu.

Derby Paling Bergengsi di Dunia Sepak Bola

Derby panas dalam dunia sepak bola tidak hanya melibatkan pertandingan sengit antara pemain dan manajer klub. Namun turut menciptakan atmosfer persaingan dan loyalitas antara suporter masing-masing klub kebanggaannya. 

Inilah sejumlah derby paling bergengsi di dunia sepakbola yang selalu dinantikan:

Derby Manchester

Derby panas yang selalu dinanti-nantikan para penonton Liga Inggris adalah derby Manchester. Derby Manchester merupakan rivalitas sengit antara klub Manchester United dengan Manchester City. Duel dua klub ini selalu menarik perhatian banyak orang, terlebih keduanya memilih fanbase yang cukup besar.

Derby Manchester sudah tercipta sejak lama dan terus berjalan panas dari tahun ke tahun. Baik MU maupun MCity adalah dua klub besar di Inggris yang selalu berada di klasemen teratas memperebutkan gelar juara. Keduanya memiliki pemain banyak pemain bintang dan diarsiteki oleh manajer berkualitas. 

Setiap dua klub ini bertemu, selalu menyajikan pertandingan yang seru dan panas. Tak ketinggalan, para suporternya pun turut psywar di media sosial. Derby Manchester selalu berlangsung dengan banyak drama, baik dari pemain maupun manajernya. Dalam sejarahnya, MU mengantongi kemenangan lebih banyak. Namun sejak beberapa tahun belakangan, MCity mulai menunjukkan taringnya dari kerap menaklukan rivalnya tersebut. 

El Clasico

Liga Spanyol juga memiliki derby panas antara dua klub besar, yaitu Barcelona melawan Real Madrid. Dua klub ini selalu merajai di kompetisi Liga Spanyol, dan kerap menjuarai Liga Champion. Pertandingan dua klub raksasa ini ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia. 

Laga seru Barcelona dengan Real Madrid selalu menyajikan pertandingan yang memukau. Pasalnya keduanya diisi oleh pemain-pemain top dunia dan dipimpin oleh pelatih berkelas. Sebut saja pemain yang pernah tampil di Real Madrid, ada Ronaldo Brasil, Cristiano Ronaldo, Raul Gonzales, Beckham, Zidane, dan lainnya. Sementara Barcelona pemain bintang yang pernah berseragam Barcelona ada Messi, Ronaldinho, Neymar, dan liannya. Bahkan derby ini juga terkenal mewakili partai-partai politik yang melibatkan 2 kota besar di Spanyol. 

Derby Della Madonnina

Derby bergengsi lain yang selalu menyulut persaingan sengit adalah derby Della Madoninna. Laga panas antara klub AC Milan dan Inter Milan ini juga disebut dengan nama Derby Milan. Rivalitas kedua klub ini sudah dimulai sejak lama dan pertandingannya diadakan di Stadion San Siro, yang menjadi kandang kedua tim. 

Inter Milan dan AC Milan merupakan dua tim unggulan di Liga Italia yang telah mengumpulkan banyak trofi baik di kompetisi domestik maupun tingkat Eropa. Di balik itu, kedua klub ini juga memiliki fans yang sangat banyak sehingga derby Milan selalu membawa atmosfer panas. Namun akhir-akhir ini performa dan prestasi kedua klub ini sedang menurun. 

Derby Northwest

Derby bergengsi lain di Liga Inggris yang selalu dinanti-nantikan adalah pertandingan Liverpool melawan Manchester United. Rivalitas panas keduanya ini disebut dengan Derby Northwest. Kedua klub ini merupakan musuh bebuyutan dan selalu bersaing memperebutkan klasemen Premier League. 

Liverpool dan MU sama-sama bersaing ketat menjadi klub peraih trofi terbanyak Liga Inggris. Laga kedua klub ini selalu menyajikan pertandingan seru dan sengit, serta fanatisme yang panas. Apalagi kedua klub ini selalu diisi dengan pemain-pemain berbakat yang pastinya menampilkan laga memukau. 

Derby North London

Salah satu derby panas lainnya di Liga Inggris yang juga wajib ditonton adalah derby North London. Laga bergengsi ini mempertemukan dua klub dari London Utara, yaitu Arsenal melawan Tottenham. Pertandingan keduanya selalu menampilkan permainan yang atraktif dan tidak pernah membuat bosan. 

Dari track record, Arsenal memang lebih banyak unggul dibanding Tottenham. Arsenal juga menjadi salah satu klub besar di Liga Inggris yang sudah meraih banyak trofi. Tottenham meskipun tidak memiliki jejak sejarah yang menonjol, namun dalam beberapa terakhir klub ini tampil gemilang dan selalu ditakuti lawannya. 

Derby D’Italia

Derby seru lainnya yang dinantikan oleh penggemar Liga Italia adalah derby d’Italia. Rivalitas panas ini mempertemukan klub Juventus melawan Inter Milan. Juventus yang berjuluk si nyonya tua memiliki sejarah panjang sebagai raja kompetisi Liga Italia. Pertandingan kedua klub ini selalu berlangsung seru dan panas untuk memperebutkan prestise dan kehormatan. 

Demikianlah beberapa derby paling bergengsi di dunia sepak bola yang sangat dinantikan banyak orang di seluruh dunia. Selain sejumlah derby di atas, masih ada rivalitas lain yang juga menyajikan duel panas, yaitu Der Klassiker (Bayern München vs Dortmund), derby Madrid (Real Madrid vs Atletico Madrid), derby Merseyside (Liverpool vs Everton. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.