Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang, Inilah Tahapannya bagi Pemula
Ilustrasi pengenalan air dalam olahraga renang (Unsplash/Brian Matangelo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Belajar renang memang hal yang mudah, namun masih banyak orang yang susah menguasainya. Tahapan pertama yang perlu dilakukan dalam belajar renang adalah pengenalan air. Apa tujuan pengenalan air dalam olahraga renang. 

Renang adalah salah satu olahraga air yang digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Renang juga menjadi olahraga yang biasa dilombakan di turnamen tingkat nasional hingga internasional. 

Berenang juga menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan dan menyenangkan untuk melepas penat atau refreshing. Keterampilan berenang biasanya dimulai sejak usia kanak-kanak. Untuk mempelajari cara berenang terlebih dahulu perenang pemula harus melakukan pengenalan air. 

Apa Itu Pengenalan Air 

Pengenalan air untuk anak-anak atau orang yang baru belajar renang akan berlatih renang oleh instruktur renang. Pengenalan air adalah bentuk latihan dasar saat akan mulai berenang. Aktivitas pengenalan air berguna untuk membuat pemula menyesuaikan tubuh dengan kondisi air dan menghilangkan rasa takut terhadap air. 

Umumnya saat seseorang baru mulai belajar renang, mereka akan merasa ragu-ragu. Biasanya pemula akan khawatir tubuhnya tidak bisa mengambang dan cemas akan tenggelam di dalam air. Pengenalan air berguna untuk mengatasi ketakutan-ketakutan tersebut. 

Apabila langkah ini tidak dilakukan, perenang pemula kemungkinan akan kaget dengan kondisi air di kolam. Baik itu kondisi tekanan airnya maupun suhu airnya. 

Selain wajib dilakukan pemula, pengenalan air juga perlu dilakukan para atlet yang sudah profesional. Metode ini perlu dilakukan karena setiap kompetisi para atlet perlu mengenali medan atau kondisi kolam renangnya terlebih dahulu. 

Tujuan Pengenalan Air dalam Olahraga Renang

Pengenalan air bertujuan untuk membuat tubuh terbiasa dengan suasana atau kondisi di kolam. Selain itu, pengenalan air juga dilakukan untuk tujuan lain sebagai berikut:

  • Menghilangkan rasa takut terhadap air sehingga berani masuk dan bergerak percaya diri di kolam renang.
  • Menyesuaikan tubuh dengan tekanan dan suhu udara agar tidak kaget dan bisa bertahan lama di udara.
  • Mengenalkan gerak dasar dan sikap untuk mempersiapkan diri mempelajari teknik renang.
  • Mengenalkan keamanan saat berada di dalam air untuk menghindari beberapa risiko.
  • Mengenalkan peraturan dan memastikan siap mematuhinya selama berada di kolam renang. 
  • Mengenalkan fondasi gerak untuk belajar renang, meliputi cara masuk air, daya apung tubuh, keseimbangan tubuh, gerak kaki, gerak lengan, hingga cara mengatur pernafasan. 
  • Memberikan pemahaman dasar lewat gerakan atau permainan yang dibuat sesuai program masing-masing fasilitas kolam renang. 

Jenis-Jenis Pengenalan Air dalam Olahraga Renang

Ada enam jenis pengenalan air yang bisa diterapkan oleh pemula saat belajar renang. Berikut jenis-jenis pengenalan air yang perlu dilakukan. 

Bermain di Kolam Renang

Metode pengenalan air yang satu ini biasanya dilakukan untuk anak-anak yang baru belajar renang. Latihan ini berguna untuk membiasakan diri beraktivitas di dalam air dan me membangun kenyamanan. Metode yang bisa diterapkan di antaranya berpegangan tangan dengan rekan, menciprat-cipratkan air, membentuk lingkaran dan saling berkejaran, latihan menyelam melalui rintangan, hingga challenge membuka mata dan tahan nafas di dalam air.

Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan berguna untuk melatih daya tahan nafas agar bisa lebih panjang dan tidak mudah kehabisan oksigen saat berenang. Metode ini juga bermanfaat untuk latihan mengatur pernafasan selama di air. 

Latihan ini bisa dilakukan dengan memasukkan kepala ke dalam air dan menahan nafas selama beberapa saat. Ambil nafas bisa dilakukan melalui mulut. Coba tahan nafas sekuat atau selama mungkin saat di dalam air. 

Meloncat di Kolam 

Metode pengenalan air ini berguna untuk melatih keseimbangan. Keseimbangan yang bagus diperlukan agar mudah mengendalikan badan dan mengapung di air. Latihan ini bisa dilakukan dengan mengambil sikap jongkok di dalam air, lalu berdiri atau melompat secara berulang-ulang. 

Latihan Terapung atau Meluncur

Latihan pengenalan air yang satu ini berguna untuk membiasakan tubuh melakukan gerakan mengapung. Dibutuhkan tubuh yang tenang dan seimbang untuk bisa mengapung dengan baik. Selain itu, metode ini juga berguna melatih daya dorong saat meluncur di air. Latihan meluncur dan terapung bisa dilakukan dari pinggir kolam dengan berpegangan terlebih dahulu. 

Gerak Kaki

Pengenalan jenis ini berguna untuk melatih keterampilan gerak kaki untuk berenang. Saat berenang, kaki harus bisa bergerak dengan lincah dan fleksibel. Selain itu, stamina dan kekuatan kaki harus dilatih agar mampu berenang lama dan jarak jauh. Gerakan kaki yang perlu dipelajari ada beberapa, namun pelajari satu per satu terlebih dahulu. 

Gerakan Tangan

Latihan gerakan tangan juga termasuk dalam metode pengenalan air. Latihan ini berguna untuk meningkatkan keterampilan tangan untuk berenang. Saat berenang, tangan harus bisa bergerak dengan lincah dan fleksibel sama seperti kaki. Kekuatan tangan juga harus ditingkatkan agar bisa berenang secara luwes dan tahan lama menempuh jarak jauh. 

Demikianlah ulasan mengenai tujuan pengenalan air dalam olahraga renang. Pengenalan air menjadi tahapan penting saat pertama kali seseorang belajar renang. Pengenalan air perlu dilakukan secara bertahap dan konsisten agar kemahiran renang dapat terbentuk secara cepat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.