Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2023: Indonesia Terkapar di Perempat Final
Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia gagal merebut tiket ke babak semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2023. Tim Merah Putih kalah 1-3 dari Korea Selatan. 

Tampil di Dubai Exhibition Centre, Arab Saudi pada Jumat, 17 Februari, penampilan Indonesia dibuka tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo. Tampil menggantikan Anthony Ginting, Chico menuai hasil yang memuaskan.

Menghadapi Lee Yun-gyu, Chico yang berjuang selama 45 menit berhasil merebut kemenangan. Usaha kerasnya berakhir setelah dua gim langsung ditutup kemenangan dengan skor 21-17 dan 21-16.

Setelah penampilan Chico, asa Indonesia untuk tampil lebih baik lagi bertumpu pada performa tunggal putri yang diwakili Putri Kusumawardani. Melawan Kim Ga-eun, Putri KW dipaksa bermain sengit.

Dua tunggal putri ini melewati pertandingan selama 66 menit untuk memastikan kemenangan. Sayangnya, hasil baik tak berpihak pada Indonesia. Perjuangan Putri KW berakhir dengan kekalahan 17-21, 21-14 dan 12-21.

Pada pertandingan ketiga, Indonesia bertumpu pada Fajar Alfian/Muhammad Rian. Sayangnya, ganda nomor satu dunia itu gagal menyumbang poin.

Fajar/Rian secara mengejutkan  kalah dua gim langsung dari wakil Korea Selatan dengan skor 21-16, 13-21 dan 16-21. Hasil laga 59 menit itu membuat Merah Putih tertinggal 1-2 dari lawan.

Harapan Indonesia kemudian berada di pundak pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ganda putri Indonesia itu berhadapan dengan Baek Ha-naa/Lee So-hee di partai keempat. 

Namin, performa ganas Apriyani Rahayu/Siti Fadia di momen ini masih belum membuahkan hasil yang memuaskan. Apriyani/Fadia kalah dalam dua gim dengan skor 14-21 dan 9-21 yang membuat kedudukan menjadi 1-3 untuk kemenangan Korea. 

Dengan hasil itu, pertandingan penutup antada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas kontra Kim Young-hyuk/Le Yu-lim di sektor ganda campuran tak dimainkan. Korea pun lolos ke babak semifinal.