Jajaran Pengurus PSSI Harus Siap Begadang Jika Menteri BUMN Terpilih Jadi Ketua Umum
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah). (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, timnya harus siap tidak tidur jika terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023–2027.

Erick nantinya akan bertarung bersama empat calon ketua umum lainnya di Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang. Empat nama lain yang maju adalah Arief Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Fary Djemi Francis, dan LaNyalla Mahmud Mattalitti.

"Saya selalu membentuk tim yang kuat. Siapa pun tim saya yang nanti ada di PSSI, siap tidak tidur," kata Erick saat menghadiri rapat kerja nasional Perbasi di Hotel Atlet Century, Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

"Ketua Perbasi saja telepon saya setengah dua belas malam. Saya masih jawab. Jadi, jangan kaget kalau Sabtu dan Minggu saya telepon ada rapat," tambah sosok 52 tahun tersebut.

Sepak bola nasional Indonesia mulai dilanda masalah semenjak tragedi Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober 2022 lalu. Kejadian itu membuat kompetisi Liga 1 Indonesia sempat dihentikan sebelum dilanjutkan lagi.

Meski demikian, nasib lebih tragis dialami oleh Liga 2. Kasta kedua tersebut sampai saat ini belum dilanjutkan dan akan direkomendasikan ke pengurus baru nanti.

Erick mengatakan bahwa persoalan yang dihadapi sepak bola Indonesia saat ini cukup kompleks. Namun, ia percaya diri bisa membenahi itu andai jadi naik menjadi orang nomor satu di induk sepak bola nasional tersebut.

"Tapi saya yakin, dengan niat yang baik, dengan tim yang kuat dan saya sudah buktikan bisa memperbaiki BUMN dalam tiga tahun," kata mantan Presiden Inter Milan dan pemilik DC United tersebut.

Kongres luar biasa pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif akan digelar 16 Februari mendatang. Namun, hingga saat ini lokasi berlangsungnya kongres belum diketahui.

Selain lima calon ketua umum, ada 16 calon wakil ketua dan 55 calon anggota komite eksekutif (Exco) akan bersaing. Nantinya sebanyak 15 orang akan menduduki jajaran Exco, dengan rincian satu ketua umum, dua wakil ketua, dan 12 anggota.