Polo Air Bakal Dipertandingkan di Dash Aquatic Challenge 2023
Dash Aquatic Challenge kembali digelar. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran kompetisi olahraga bertemakan akuatik BTN Dash Aquatic Challenge kembali digelar pada 12 Februari mendatang. Ajang ini akan dihelat di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta.

Pada gelaran sebelumnya yang dihelat pada Desember 2022, antuasime masyarakat untuk ikut serta terbilang tinggi. Itu yang membuat penyelenggara kembali mengadakan kegiatan ini meski waktu penyelenggaraan terbilang berdekatan.

"Berangkat dari BTN Dash Aquatic Challenge yang kami gelar akhir tahun lalu, ajang olahraga dan hiburan yang dikemas seru dan fun ini berhasil meraih respons positif dan antusiasme tinggi dari masyarakat, maka kami gelar kembali ajang ini di awal tahun 2023," kata CEO Dash Sports Alit Aryaguna dalam konferensi pers di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Kamis, 2 Februari.

Namun, ada yang berbeda. Kali ini Dash Aquatic Challenge tak menyelenggarakan lomba aqua bike. Kali ini penyelenggara mengadakan perlombaan mini water polo atau polo air mini.

Perubahan lainnya adalah kategori usia untuk aquathlon dan swim challenge. Di aquathlon, ada kategori junior usia 12-16 tahun, senior usia 17-39 tahun, dan master di atas 40 tahun.

Sementara swim challenge kini diperuntukkan untuk peserta di atas 15 tahun. Nomor lomba yang akan dipertandingkan adalah 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, dan 50 meter gaya bebas.

"Kalau gelaran kemarin itu untuk pengenalan atau pembinaan, sekarang lebih ke prestasi," tutur Alit.

Dash Aquatic Challenge 2023 ini merupakan rangkaian dari BTN Sport Fest 2023 yang diadakan untuk memperingati hari ulang tahun BTN ke-73 yang jatuh pada 9 Februari.

Sport Fest 2023 nantinya juga akan menggelar perlombaan di cabang lari dan basket 3x3. Olahraga ini dipilih karena memiliki massa yang sangat besar.

"Jadi ini untuk meningkatkan awarness. Ini murni bisnis. Kegiatan nanti lebih diperuntukkan untuk keluarga karena sesuai dengan tagline kami," ujar Head of Marketing Communications Division and Digital Channel Division BTN, Ramon Armando.

Menurut Ramon, kegiatan lari atau renang bisa menarik massa yang banyak. Dia memprediksi, ada sekitar 15 ribu orang pada kegiatan Sport Fest 2023 mendatang.