Tim Polo Air Putra Indonesia Siap Unjuk Gigi di Asian Games Hangzhou 2022
Tim polo air putra Indonesia (HUMAS PRSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PP PRSI) punya tekad besar untuk menyambut Asian Games 2022. Mereka ingin unjuk gigi di ajang akbar tersebut.

Menghadapi pesta olahraga empat tahun itu, PRSI pun membuat persiapan dini. Mereka menggelar seleksi nasional polo air putra selama tiga hari dari 20-22 Januari untuk membentuk tim yang matang.

”Kita bersyukur juara bertahan SEA Games 2019 polo air putra. Kita ingin pertahankan medali emas polo air putra. Dan ini kita memulai pelatnas untuk bisa bersaing secara kompetitif di ajang Asian Games 2022 Hangzhou Cina,” kata Ketua Umum PRSI Anindya Bakrie dalam keterangan pers yang diterima VOI.

Seleksi nasional polo air putra tahun ini mendapat antusias luar biasa dari para atlet. Itu terlihat dari meningkatnya jumlah peserta dari 49 atlet menjadi 54 atlet di hari terakhir seleksi.

Peserta seleksi nasional sendiri datang dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua. 

”Awal seleknas diikuti 49 atlet dan terus bertambah menjadi 54 atlet hingga hari ketiga. Itu artinya polo air diminati, senang dengan antusias tinggi yang ditunjukan para atlet polo air. Semoga dengan antusias ini bisa membuahkan prestasi,” ujar Anindya.

Nanti sebanyak 26 atlet dari 54 peserta seleksi nasional akan terpilih untuk menjalani tes seleksi nasional tahap dua. Jumlah tersebut nanti akan mengerucut menjadi 18 atlet yang bakal mengikuti try out ke Serbia mulai Februari nanti.

Polo air putra Indonesia berhasil mematahkan dominasi Singapura yang sudah juara sejak 52 tahun silam ketika tampil di SEA Games Filipina 2019 lalu. Mereka berhasil membawa pulang satu keping medali emas untuk kali pertama dalam sejarah multi cabang se-Asia Tenggara itu.

Meski demikian, tahun ini cabang olahraga polo air tidak dipertandingkan di SEA Games Hanoi pada Mei mendatang. Itu otomatis mengubur peluang Indonesia untuk mempertahankan medali emas.

Keikutsertaan polo air putra Indonesia di Asian Games 2022 sangat penting. Ini karena Singapura sebagai rival merupakan negara yang menjadi langganan tampil di multi cabang se-Asia itu. 

Pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta, Singapura berhasil menempati peringkat enam dan Indonesia posisi delapan besar. Berkat pengalaman di Asian Games tersebut, timnas polo air putra Indonesia bisa jadi juara di SEA Games 2019, menyisihkan Singapura.