Chico Aura Dwi Wardoyo Ketemu Jonatan Christie di Final Indonesia Masters 2023
Tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo merebut tiket final Indonesia Masters 2023. (foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo sukses mengalahkan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus, untuk merebut tiket final Indonesia Masters 2023.

Chico bangkit dari kekalahan pada gim pertama untuk mencapai partai pamungkas dengan skor kemenangan 17-21, 27-25, dan 22-20 di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 28 Januari 2023.

"Tadi set pertama strategi sudah benar tapi kurang fokus. Kemudian, di set kedua dan ketiga bisa bermain lebih tenang. Fokus ke diri sendiri dan tidak melihat poin," ujar Chico terkait kunci kebangkitanya dalam jumpa pers.

Tiket yang didapat Chico membuat Indonesia dipastikan sudah mendapat satu gelar dari ajang Super 500 BWF itu. Pasalnya, tiket final tunggal putra lainnya diamankan wakil Indonesia juga, yakni Jonatan Christie.

Jonatan sendiri mencapai final setelah berjuang selama tiga gim melawan wakil China Shi Yuqi. "Besok pengen main nothing to lose dan ingin memberikan yang terbaik buat Indonesia," ujar Chico terkait bertemu Jonatan.

Ini adalah All Indonesia final pertama di tunggal putra Indonesia Masters setelah satu dekade. Terakhir kali final yang mempertemukan sesama wakil Indonesia, terjadi pada tahun 2013 silam.

Pada saat itu, bentrok sesama wakil Indonesia sudah terjadi sejak semifinal. Ketika itu, Simon Santoso mengalahkan Tommy Sugiarto, sedangkan D. Hayom Rumbaka menang WO atas Sony Dwi Kuncoro.

Di final, Simon Santoso kemudian keluar sebagai juara setelah mengalahkan rekannya itu dalam pertandingan dua gim langsung.

Pelatih Tunggal Putra, Irwansyah, sendiri tidak bisa menutupi kegembiraannya setelah dua anak asuhnya bisa mencapai final.

"Bersyukur dikasih rezeki sama Allah bisa dua tunggal putra ke final. Terima kasih semua buat support dan doa-doa dari seluruh masyarakat," kata dia.

Indonesia masih punya harapan mendapat satu tiket lagi dari nomor ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan ini belum bermain melawan wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi saat berita ini ditulis.