Bit.com Umumkan Toncoin Tersedia dalam <i>Option Trading</i> di Platform, Bersama Bitcoin dan Ethereum
Toncoin tersedia dalam fitur perdagangan trading option di bit.com. (Foto; Dok. Kalkine)

Bagikan:

JAKARTA - TON Network berpotensi mengalami peningkatan yang signifikan dalam volume dan minat perdagangan setelah peluncuran opsi Toncoin (TON). Pada hari Kamis, bursa kripto BIT, Bit.com mengumumkan bahwa TON akan tersedia dalam Option trade di platformnya, dilansir DailyCoin.

Sebagai informasi, Option trade adalah jenis transaksi keuangan di mana pembeli membeli hak, tetapi tidak kewajiban, untuk membeli atau menjual aset di harga tertentu pada atau sebelum tanggal kadaluwarsa.

Option trading menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan dengan perdagangan spot atau berjangka (futures), karena memungkinkan trader untuk memilih harga strike dan tanggal kadaluwarsa yang sesuai dengan rencana perdagangan mereka.

Pembeli opsi dapat membuat keuntungan dari pergerakan harga aset yang diharapkan tanpa harus membeli atau menjual aset itu sendiri, sementara penjual opsi dapat menghasilkan uang dari premi yang dibayarkan oleh pembeli. Namun, pembeli opsi juga berisiko kehilangan uang dalam jumlah premi yang dibayarkan jika harga aset tidak bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam konteks di atas, BIT mengumumkan bahwa bursa opsi dan berjangka kripto akan meluncurkan perdagangan opsi pada TON. Ini akan membuat TON menjadi aset kripto ketiga yang memiliki perdagangan opsi, setelah BTC dan ETH. Sejauh ini, hanya Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) yang tersedia untuk perdagangan opsi. Kedua aset ini merupakan aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Hasil Kemitraan BIT, Darley, dan DWF Labs

Peluncuran opsi TON merupakan hasil dari kemitraan antara bursa kripto BIT, penyedia likuiditas Darley Technologies, dan pembuat pasar blockchain DWF Labs. Inklusi TON dalam perdagangan opsi dapat berdampak signifikan pada aset ini, yang awalnya diluncurkan oleh platform perpesanan Telegram.

Para analis menyatakan bahwa ini dapat meningkatkan minat perdagangan dan meningkatkan likuiditas TON. Peluncuran opsi TON ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para trader untuk mengeksplorasi peluang baru dalam pasar kripto dan meningkatkan potensi keuntungan di masa depan.

Pada tahun lalu, TON mengalami pertumbuhan signifikan dan menjadi salah satu kripto yang mencatatkan kinerja terbaik di tahun 2022, dengan kenaikan 200 persen pada paruh kedua tahun ini. Salah satu mitra BIT, DWF Labs, menjadi pendukung utama ekosistem TON. DWF telah menginvestasikan sebesar 10 juta dolar AS di TON tahun lalu dan berjanji untuk berinvestasi lebih banyak lagi.

"Ekosistem TON merupakan salah satu yang paling menjanjikan di pasar dengan komunitas global yang tumbuh lebih dari 2 persen setiap minggu dan lebih dari 100 juta transaksi hingga saat ini," ujar Andrei Grachev, Managing Partner di DWF Labs. Grachev juga menambahkan bahwa DWF akan mendukung 50 proyek di tahun 2023.

Open Network (TON) merupakan jaringan blockchain yang diluncurkan oleh platform perpesanan pribadi Telegram. Sebelumnya dikenal sebagai Telegram Open Network, TON mengalami perubahan nama setelah perusahaan pendirinya menarik diri dari proyek tersebut.

Potensi Perdagangan Opsi

Peluncuran opsi TON merupakan bagian dari visi jangka panjang BIT untuk mengembangkan pasar opsi kripto. Pertukaran kripto ini bertujuan untuk membuat perdagangan opsi kripto lebih mudah diakses dan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhannya.

Menurut Co-founder dan COO BIT, Lan Yue, pasar opsi memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar dengan munculnya produk yang dimarginalkan dalam dolar dan penambahan berbagai opsi altcoin. BIT berkomitmen untuk membuat opsi kripto lebih mudah diakses bagi pedagang institusional maupun ritel.

"Dengan munculnya produk yang dimarginalkan dalam dolar dan penambahan berbagai opsi altcoin, pasar opsi memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar," kata Co-founder dan COO BIT, Lan Yue.

Seiring dengan semakin matangnya pasar kripto, BIT meyakini bahwa opsi akan menjadi elemen yang lebih penting dalam pasar kripto. Peluncuran opsi TON ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para pedagang untuk mengeksplorasi peluang baru dalam pasar kripto dan meningkatkan potensi keuntungan di masa depan.