Pemain Timnas U-19 Mulai Bisa Beradaptasi dengan Cuaca Dingin Spanyol
Pemain tim nasional U-19 Indonesia mulai bisa beradaptasi dengan cuaca dingin dan menjalani latihan di Spanyol (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemain tim nasional U-19 Indonesia mulai bisa beradaptasi dengan cuaca dingin di Spanyol di mana mereka menjalani pemusatan latihan hingga akhir Januari 2021.

Dikutip Antara dari dalam laman resmi PSSI dari Jakarta, Kamis, 31 Desember, pemain sudah mulai menikmati setiap menu latihan yang diberikan jajaran pelatih, meski suhu di sana berkisar antara 8-10 derajat celcius.

"Perkembangan pemain semakin baik, pemain sudah bisa beradaptasi dengan cuaca disini. Kami juga persiapan menghadapi sejumlah uji coba di sini," ujar asisten pelatih timnas U-19 Nova Arianto.

Menurut Nova, Kakang Rudianto dan kawan-kawan menunjukkan semangat mengikuti pemusatan latihan. Mereka dijadwalkan menjalani lima laga uji coba, satu di antaranya melawan timnas Arab Saudi U-19.

Adapun empat lawan lainnya yakni berasal dari klub lokal di Spanyol Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu U-19, Sabadell U-19, dan Ceuta U-19. Nova berharap para pemain bisa memetik pelajaran dan pengalaman berharga dari setiap laga.

"Lima lawan ini merupakan tim yang bagus. Menjadi pengalaman yang berharga untuk para pemain. Untuk itu pemain harus bisa memanfaatkan dengan baik uji coba tersebut," kata dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga berharap para pemain tetap bekerja keras meski gelaran Piala Dunia U-19 diundur ke 2023. Pasalnya, mereka akan menghadapi turnamen lain yang sama-sama bergengsi yakni Piala AFC U-19 di Uzbekistan.

"PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya," kata Iriawan.

TC di Spanyol sebagai persiapan Garuda Nusantara mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang berlangsung Maret 2021 mendatang. Pada ajang tersebut Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.