Legenda Chelsea Beberkan Fakta Mengkhawatirkan soal Pemain Muda Indonesia
Legenda Chelsea, Dennis Wise. (Foto: Twitter/@Como_1907)

Bagikan:

JAKARTA - Legenda Chelsea, Dennis Wise, menyebut para pemain muda Indonesia banyak yang bermimpi tampil di Eropa. Namun, ada hal yang masih jadi kekurangan.

"Banyak pemain Indonesia bermimpi untuk bisa bermain di liga Eropa, namun mereka tidak mengerti persaingan yang harus mereka hadapi untuk merealisasikan impian mereka," kata Dennis Wise.

Itu kenapa Dennis Wise menyertakan dua pemain asing berusia 14 tahun di Garuda Select Season 5. Dua pemain itu adalah Jose Gabriel Mendy dari Senegal, dan Younes Ibrahim dari Australia yang merupakan bakat muda temuannya.

Direktur Garuda Select itu menyebut, kedua pemain tersebut bisa jadi contoh bagi para pemain Indonesia yang bermimpi untuk bisa bermain di Eropa.

“Kehadiran Jose dan Younes diharapkan bisa menjadi tolok ukur bagi para pemain Indonesia. Mereka bisa melihat sendiri seberapa jauh mereka harus mengejar kekurangan mereka," ujar Wise dalam keterangan tertulis, seperti dilansir Antara.

"Pasalnya kedua pemain berusia 14 tahun ini mampu bermain dengan standar dan kematangan permainan yang lebih tinggi dari pada pemain Indonesia yang sudah 2-3 tahun lebih tua, dan memiliki pengalaman bermain di timnas Indonesia," tuturnya.

Younes dan Jose saat ini menjadi incaran hampir semua akademi terbaik Eropa. Selain itu ada lima pemain lain dari Italia dan Senegal yang disertakan dalam program Garuda Select untuk membantu pendidikan para pemain Indonesia.

"Dilihat sejak program Season 1-3, para pemain Indonesia memang unggul secara teknik dan bakat alam, namun rata-rata mereka sangat tertinggal dalam hal pemahaman taktik sepak bola. Jika mereka ingin bersaing sebagai pemain profesional, mereka perlu memahami berbagai macam pola permainan dan cara menerapkannya," kata kepala pelatih Garuda Select, Des Walker.

Sementara itu, tim Garuda Select Season 5 yang sebelumnya berada di Inggris bakal digembleng di markas klub Italia, Como 1907, selama satu bulan. Tak hanya latihan, mereka juga akan menjalani serangkaian laga uji coba, termasuk melawan akademi AC Milan dan Inter Milan.