<i>Head to Head</i> Filipina Vs Indonesia: Skuad Garuda Nirkemenangan di Tiga Laga Terbaru
Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Filipina di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia memiliki statistik mentereng melawan Filipina menjelang pertemuan kedua tim di pertandingan terakhir fase grup Piala AFF 2022.

Skuad Garuda akan datang sebagai tim tamu pada laga terakhir Grup A di Stadion Rizal Memorial, Senin, 2 Januari 2023 pukul 19.30 WIB. Di atas kertas, Indonesia seharusnya bisa mendapat angka maksimal.

Ini adalah duel kesembilan antara kedua tim dalam kompetisi dwitahunan di kawasan Asia Tenggara itu. Dari delapan pertemuan sebelumnya, Garuda tercatat mendominasi dengan lima kemenangan.

Sementara itu, tiga pertandingan lain berakhir seri sebanyak dua kali dan kalah satu kali. Menariknya laga tanpa kemenangan ini didapat Indonesia dalam tiga laga terbaru melawan Filipina.

Satu-satunya kekalahan itu terjadi pada tahun 2014 lalu ketika kedua tim berhadapan di fase grup. Pada saat itu, Garuda dibuat mengakhiri dominasi lima kemenangan mereka dengan skor telak empat gol tanpa balas.

Kekalahan itu kemudian menjadi salah satu aral yang menghadang langkah Merah Putih ke empat besar. Indonesia akhirnya finis di posisi ketiga, hasil dari masing-masing satu kali menang, kalah, dan seri.

Setelahnya, Indonesia mendapat seri saat berhadapan dengan Filipina di fase grup di tahun 2016 dan 2018. Berturut-turut Garuda bermain sama kuat 2-2 dan tanpa gol.

Meski demikian, Indonesia diunggulkan bisa menyudahi tiga catatan tanpa kemenangan itu saat duel malam nanti. Angka maksimal diperlukan pasukan Shin Tae-yong demi membuka kans lolos sebagai juara grup meskipun kecil.

Head to Head

25 November 2018 : Indonesia 0-0 Filipina

22 November 2016 : Indonesia 2-2 Filipina

25 November 2014 : Filipina 4-0 Indonesia

14 Agustus 2013 : Indonesia 2-0 Filipina

05 Juni 2012 : Filipina 2-2 Indonesia