3 Skema Timnas Indonesia untuk Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022, Ancaman Tersingkir Masih Ada
Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. (Foto: Instagram/@pssi)

Bagikan:

JAKARTA — Timnas Indonesia bakal memainkan laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina. Pasukan asuhan Shin Tae Yong akan memainkan laga tandang di Stadion Rizal Memorial, Senin, 2 Januari 2023.

Kick off pertandingan dimulai pukul 19.30 WIB.

Saat ini pasukan Garuda menempati urutan kedua klasemen sementara grup. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawannya mengoleksi tujuh angka, hasil dari dua kemenangan dan dua hasil seri.

Satu-satunya hasil seri itu didapat Indonesia ketika menjamu Thailand pada laga terbaru di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada pada 29 Desember lalu. Ketika itu laga selesai dengan skor 1-1.

Cuma menambah satu angka membuat Indonesia harus berjuang hingga laga terakhir fase grup demi memastikan diri lolos ke empat besar atau tidak. Selain Indonesia, Thailand dan Kamboja juga punya peluang lolos.

Posisi kedua negara itu saat ini mengapit Indonesia. Thailand menempati posisi paling atas dengan jumlah poin identik Indonesia, sedangkan Kamboja terpaut satu poin di tempat ketiga.

Menariknya Thailand dan Kamboja akan saling berhadapan di laga terakhir grup. Adapun Filipina dan Brunei yang mengisi grup yang sama sudah dipastikan tereliminasi.

Berikut ini adalah tiga skema untuk Timnas Indonesia bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022:

1. Menang atas Filipina

Tiket babak semifinal otomatis langsung didapat skuat Shin Tae Yong jika membawa pulang tiga angka. Sepuluh poin akan mengunci salah satu dari dua tempat teratas klasemen akhir.

2. Seri Lawan Filipina

Cuma mengamankan satu angka pun Indonesia tetap bisa melangkah maju ke babak berikutnya sebagai runner up tanpa melihat hasil Thailand vs Kamboja.

3. Kalah dari Filipina, asal...

Kans ke semifinal bagi Indonesia tetap ada sekalipun kehilangan tiga angka. Namun, lolos tidaknya Skuad Garuda sangat bergantung kepada hasil dari Thailand melawan Kamboja.

Egy dan kawan-kawan bisa tersingkir dari turnamen edisi kali ini jika Kamboja mampu menang tipis atas Thailand nanti. Jika duel mereka seri maka Indonesia tidak boleh kalah lebih dari tiga gol.