Bagikan:

JAKARTA - Berhasil menduduki peringkat satu dunia ranking BWF di akhir tahun ini sudah melampui target ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pasangan itu resmi naik ke posisi paling wahid pekan ini setelah pencairan poin peringkat dilakukan.

Keduanya menggeser pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang terlempar ke posisi kedua.

"Yang pasti sangat bersyukur dan senang. Tadinya akhir tahun ingin finis di posisi tiga besar targetnya, tapi alhamdulillah bisa lebih. Hal ini harus dipertahankan," kata Fajar dalam keterangan yang diterima VOI, Jumat, 30 Desember.

Fajar/Rian saat ini memiliki total 88.655 poin, jauh di atas peringkat kedua yang mereka geser yang mengoleksi 82.700 poin. Pencapaian ini tak lepas dari penampilan ciamik dan konsisten mereka sepanjang 2022.

Mereka sempat terseok di babak awal dua turnamen pertama tahunan ini di sebelum bangkit dan sukses menembus delapan final turnamen BWF World Tour. Empat di antaranya menjadi juara.

Selain itu, gelar medali perunggu juga sukses mereka dapat dari Kejuaraan Dunia 2022. Kemudian perjalanan mereka dipermanis dengan finis di semifinal BWF World Tour Finals 2022 serta Kejuaraan Asia 2022.

"Tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pastinya ini hasil kerja keras kami berdua dan tim pelatih juga tim pendukung. Ini jadi tahun terbaik kami sebagai pasangan," kata Rian.

Fajar/Rian bakal mengawali tahun 2023 sebagai nomor satu dunia di turnamen Malaysia Open. Turnamen yang naik kelas dari BWF World Tour Super 750 ke BWF World Tour Super 1000 ini akan digelar di Kuala Lumpur pada 10-15 Januari mendatang.