Jonatan Christie Diprediksi Naik ke Peringkat 3 Dunia Pekan Depan
Jonatan Christie (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA — Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie diprediksi akan naik ke peringkat ketiga dunia pekan depan. Ini akan menjadi pencapaian tertinggi dalam kariernya.

Atlet yang akrab disapa Jojo itu saat ini menempati peringkat keempat dunia dengan total poin 75812. Ia berada satu langkah di depan kompatriotnya Anthony Sinisuka Ginting yang mengumpulkan 75749 poin.

Titik yang ia tempati saat ini merupakan buah dari pencapaiannya sepanjang 2022, tahun dimana dirinya sukses mencapai tiga final secara beruntun, yakni Swiss Open, Korea Open, dan Kejuaran Bulu Tangkis Asia.

Dari tiga kesempatan masuk final itu, Jojo sukses mendapat gelar juara di Swiss setelah mengalahkan Prannoy Kumar dan runner up di dua turnamen lainnya.

Ia kalah dari tunggal putra China Weng Hong Yang sehingga gagal mendapat gelar pertama sejak 2017 di Korea dan takluk di tangan Lee Zii Jia pada partai pamungkas Kejuaraan Bulu Tangkis Asia.

Meski demikian, pemilik medali emas Asian Games 2018 tersebut diprediksi berhak atas peringkat tiga dunia pada pekan terakhir pencairan ranking 3 Januari 2023 nanti.

Pebulu tangkis 26 tahun itu akan menggeser posisi yang saat ini dihuni oleh wakil Singapura Loh Kean Yew. Itu karena poin dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 yang dijuarai Loh Kean Yew akan dihapus.

Saat ini untuk posisi tertinggi dunia masih ditempati oleh tunggal putra Denmark Viktor Axelsen. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo itu masih belum goyah dengan total poin 108056.