5 Gol Terbaik yang Dicetak Pele di Kancah Piala Dunia
Mendiang legenda sepak bola asal Brasil, Pele. (Foto: Instagram @pele)

Bagikan:

JAKARTA — Pele menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat dini hari WIB di usia 82 tahun. O Rei atau Sang Raja meninggal di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo setelah menderita masalah ginjal dan prostat dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak bisa disangkal, Pele merupakan pesepak bola terbaik yang pernah ada. FIFA bahkan menobatkannya sebagai Pemain Terbaik Abad Ini di tahun 2000 lalu.

Selama berkarier di sepak bola, ia total memenangkan tiga Piala Dunia. Ia menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah si kulit bundar yang pernah melakukan itu.

Pele tampil empat kali Piala Dunia dan mencetak 12 gol. Beberapa di antaranya tercipta dengan cara yang luar biasa.

Berikut ini adalah lima gol terbaik Pele dalam Piala Dunia yang berhasil VOI rangkum dari beberapa sumber:

Perempat final 1958 vs Wales (menang 1-0)

19 Juni 1958 di Gothenburg, Swedia

Ini adalah gol pertama Pele dari total 12 gol yang dicetak di Piala Dunia saat Brasil berhadapan dengan tim kuat Wales yang dipimpin oleh John Charles.

Ketika itu, Pele memecah laga ketat tersebut dengan momen gemilang di menit ke-66. Dia mengontrol bola di dalam kotak penalti dengan dadanya, sebelum mencontek bola melewati bek yang kebingungan dan menyelesaikan dengan tendangan voli rendah ke sudut bawah.

Pada saat itu Pele yang berusia 17 tahun, menjadi pemain termuda di turnamen tersebut dalam pertandingan grup terakhir Selecao melawan Uni Soviet.

Semifinal 1958 vs Prancis (menang 5-2)

24 Juni 1958 di Stockholm

Pele tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menambah jumlah golnya di Piala Dunia pada tahun yang sama. Di laga ini Brasil memimpin 2-1 di babak pertama sebelum Pele mencetak hattrick (tiga gol) di babak kedua untuk membawa Brasil ke final.

Ia memulai trigolnya memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Les Bleus sebelum mencetak gol kedua setelah memperlihatkan keterampilan individu yang indah.

Namun, yang paling menarik adalah gol ketiganya memaksimalkan umpan silang sayap kanan dari Garrincha dengan satu sentuhan dan melepaskan tendangan voli yang tak terbendung ke sudut gawang.

Final 1958 vs Swedia (menang 5-2)

29 Juni 1958 di Stockholm

Masih di tahun yang sama, Pele kemudian menulis sejarahnya dalam sepak bola dengan menjadi pemain termuda pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia. Prestasi yang hanya dapat ditandingi 60 tahun kemudian oleh Kylian Mbappe dari Prancis saat di Piala Dunia 2022 Qatar kemarin.

Dua golnya di pertandingan itu mengantar Brasil menang 5-2 atas tuan rumah Swedia. Satu golnya yang tidak terlupakan adalah saat ia membobol gawang lawan setelah tiga sentuhan tanpa bola menyentuh tanah.

Pele mengontrol umpan panjang dengan dadanya, lalu melewati bek yang maju dan melepaskan tendangan voli ikoniknya ke pojok bawah.

Penyisihan grup 1970 vs Rumania (menang 3-2), 10 Juni 1970 di Guadalajara, Meksiko

Setelah mendapat cedera pada pertandingan kedua saat Brasil memenangkan Piala Dunia 1962 dan dikeluarkan dari edisi 1966 di Inggris, Pele tiba di Meksiko pada edisi 1970 dengan modal penting untuk membuktikan dirinya.

Di sinilah, Pele yang berusia 29 tahun pada saat itu mengokohkan statusnya sebagai pemain top dunia di dalam tim terhebat yang pernah ada. Gol pertamanya dari dua gol dalam kemenangan 3-2 atas Rumania di penyisihan grup adalah tendangan bebas yang brilian dari jarak 30 yard (27,4 meter).

Final 1970 vs Italia (menang 4-1)

21 Juni 1970 di Mexico City

Ini adalah pertandingan di mana Pele mencetak gol Piala Dunia terakhirnya di final. Ia membawa Brasil memimpin dengan sebuah gol sundulan yang luar biasa ke sudut bawah pada menit ke-18.

Italia kemudian menyamakan kedudukan melalui Roberto Boninsegna, tetapi Brasil menjauh dengan gol dari Gerson dan Jairzinho sebelum assist Pele melengkapi gol keempat yang dicetak oleh Carlos Alberto. Gol ini secara luas dianggap sebagai yang terbaik yang pernah dicetak di Piala Dunia.