Stadion 974 Langsung Dibongkar usai Jadi 'Saksi Bisu' Keperkasaan Brasil atas Korsel di 16 Besar Piala Dunia
Venue Piala Dunia 2022, Stadion 974, dibongkar. (Foto: qatar2022.qa)

Bagikan:

JAKARTA - Stadion 974 di Abu Aboud, Doha, langsung dibongkar setelah digunakan untuk laga 16 besar Piala Dunia 2022. Stadion ini jadi saksi keperkasaan Brasil menumbangkan Korea Selatan, Selasa, 6 Desember, dini hari WIB.

Tim Samba menang 4-1 atas Korsel dalam laga itu. Kemenangan tersebut meloloskan Brasil ke babak perempat final untuk menantang Kroasia.

Setelah laga Stadion 974 langsung dibongkar. Sesuai fungsi awalnya, stadion ini memang hanya bangunan semi permanen yang menjadi tambahan venue Piala Dunia 2022.

Sebagai bentuk efisiensi pemerintah Qatar, stadion ini dibangun dengan susunan sebanyak 974 kontainer yang juga mengilhami namanya. Sejak rampung November lalu, stadion berkapasitas 44 ribu penonton ini telah digunakan untuk tujuh pertandingan Piala Dunia.

Stadion 974 menjadi stadion pertama di Piala Dunia yang dapat dibongkar sepenuhnya. Setelah pembongkaran, pihak penyelenggara berencana mengemas bagian stadion untuk kemudian dikirim ke bagian dunia lainnya agar bisa kembali digunakan.

"Penyelenggara telah berjanji untuk membongkarnya, mengemasnya, menaruhnya di kapal, mengirim dan memasangnya kembali di luar negeri," tulis laporan yang dikutip dari Financial Times pada Selasa, 6 Desember.

Ada yang menyebutkan bahwa paket itu akan berlabuh ke suatu tempat di Afrika. Namun, kabar terbaru menunjukkan bahwa hasil pembongkaran stadion 974 mungkin berakhir di Uruguay.

Dengan menjadi stadion yang bisa dibongkar sepenuhnya, Stadion 974 menjadi jawaban atas kekhawatiran pemerintah Qatar terkait pembangunan tempat megah yang pada akhirnya terabaikan.

Sementara untuk kursi penonton, penyelenggara di Qatar memastikan tidak sia-sia karena akan disumbangkan ke negara-negara lain yang tengah mengembangkan program sepak bola.

"Qatar telah berjanji untuk memberikan sekitar 170.000 kursi setelah peluit akhir," lanjut laporan tersebut.