Bentuk Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Punggung yang Wajib Pemula Bisa
Bentuk Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Punggung (Unsplash).jpg

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gaya punggung, atau merangkak ke belakang, menggunakan gerakan lengan bergantian dan berlawanan. Saat satu lengan menarik air dari posisi di atas kepala ke pinggul, lengan lainnya pulih di atas air dari pinggul ke posisi di atas kepala dan sebaliknya. Lalu bagai mana bentuk gerakan kaki saat melakukan renang gaya punggung?

Kaki melakukan tendangan mengepak, mirip dengan yang digunakan pada gaya bebas depan.

Gaya punggung, seperti namanya, adalah satu-satunya dari empat gaya renang kompetitif yang dilakukan di punggung.

Dari segi kecepatan lebih lambat dari gaya merangkak depan dan gaya kupu-kupu tetapi lebih cepat dari gaya dada.

Video Teknik Bentuk Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Punggung

Tendangan gaya punggung adalah gerakan bolak-balik, naik turun secara terus menerus untuk membantu menyeimbangkan gerakan lengan. Tendangan kaki Anda menyeimbangkan tarikan lengan Anda dan bersama-sama keduanya membantu mempertahankan posisi tubuh yang horizontal dan rata.

Jumlah daya dorong yang dihasilkan dari tendangan akan bergantung pada ukuran kaki, mobilitas pergelangan kaki, dan kekuatan kaki. Meskipun dorongan dari tendangan kaki bukan merupakan prioritas karena lengan menghasilkan sebagian besar dorongan untuk gaya punggung.

5 Tips Teratas untuk Teknik Tendangan Kaki yang Lebih Baik

  • Kaki harus direntangkan dengan jari-jari kaki menunjuk (plantar fleksi).
  • Pergelangan kaki harus relaks dan longgar memungkinkan kaki untuk menendang seperti 'sirip'.
  • Tendangan harus dimulai dari pinggul dan bukan dari lutut, sehingga seluruh kaki melakukan tendangan.
  • Lutut harus sedikit ditekuk dan kemudian diluruskan saat kaki menendang ke atas, dengan area permukaan atas kaki (tempat tali sepatu berada) menyediakan bagian kekuatan tendangan.
  • Jari-jari kaki harus menimbulkan cipratan kecil yang sedikit memecah permukaan air.

Selama latihan kaki tertentu, kaki menendang dalam bidang vertikal ke atas dan ke bawah. Namun, gerakan lengan menyebabkan tubuh berguling membuat kaki menendang sebagian ke samping, sebagian vertikal dan sebagian lagi ke sisi lain.

Kesalahan Umum Tendangan Kaki Gaya Punggung

Kesalahan yang paling sering terjadi pada tendangan kaki pada pukulan punggung berkaitan erat dengan posisi tubuh, ketika perenang membiarkan kakinya tenggelam jauh di bawah permukaan air. Jari-jari kaki seharusnya hanya mematahkan permukaan air dan kaki menendang dari pinggul dengan sedikit menekuk lutut.

Latihan yang mudah untuk membantu mempertahankan teknik tendangan kaki pada tingkat yang benar di dalam air adalah dengan memegang pelampung atau papan tendangan di dada dan melakukan tendangan kaki.

Pelampung akan memberikan dukungan sehingga perenang dapat fokus menendang ke atas permukaan air sambil mempertahankan kepala yang rata dan pinggul yang rata. Hanya dengan begitu tendangan kaki akan menjadi paling efisien.

Latihan yang sama ini akan membantu mengatasi kesalahan umum lainnya, yaitu menendang dari lutut. Tekukan lutut yang berlebihan tidak hanya akan menghabiskan energi tetapi juga akan menyebabkan kaki perlahan-lahan tenggelam.

Melakukan tendangan gaya punggung sambil memegang pelampung akan membantu memusatkan perhatian perenang pada tendangan dari pinggul dan bukan dari lutut.

Apakah tendangan kaki Anda cocok dengan teknik gaya punggung lainnya?

Semua jawaban, tips dan latihan ada di buku saya 'Cara Berenang Gaya Punggung'. Tidak lagi lelah saat Anda menendang dan tidak lagi tenggelam perlahan saat Anda bergerak di air.

Dapatkan semua latihan yang telah dicoba dan diuji yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan gaya punggung Anda.

Jadi setelah mengetahui bentuk gerakan kaki saat melakukan renang gaya punggung, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!