Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas? Begini Rangkaian Geraknya yang Benar
Ilustrasi renang gaya bebas (Arisa Chattasa on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak bisa dipungkiri bahwa belajar teknik dasar renang gaya bebas tak kalah penting agar bisa melakukannya dengan sempurna. Selain itu, belajar tekniknya dengan benar akan memperkecil risiko terjadinya hal tak diinginkan seperti cidera, baik saat kompetisi atau renang biasa. Selain itu juga membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Mengenal Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Seperti yang diketahui, renang gaya bebas adalah salah satu dari empat teknik renang yang kerap diperlombakan. Gaya ini dikenal pula dengan istilah freestyle atau front crawl. Banyak dipilih karena cukup mudah meluncur di dalam air serta energi yang terkuras tak sebanyak gaya lain.

Gaya ini dilakukan dengan posisi tubuh menelungkup atau tengkurap, atau bisa pula disebut menghadap ke air. Pada gaya ini tangan digunakan sebagai penarik sedangkan kaki sebagai penendang atau peluncur.

Renang gaya bebas jadi favorit karena perenang bisa berenang lebih cepat dan lebih leluasa dibanding teknik lain. Artinya, teknik ini memiliki keunggulan dari segi kecepatan.Renang gaya bebas juga dinilai mampu membantu pembakaran kalori lebih besar.

Gerakan Dasar Renang Gaya Bebas

Saat mempraktikkan gaya bebas, ada sejumlah gerakan dasar yang patut diperhatikan, yakni sebagai berikut, dikutip VOI dari berbagai sumber.

  1. Peluncuran

Teknik ini sebaiknya diawali dengan peluncuran tubuh, yakni dengan berdiri di pinggir kolam, posisi badan membungkuk ke depan, kaki menekuk. Setelah posisi sempurna, kaki ditolakkan sekuat tenaga dari dinding kolam dengan posisi tangan ke depan. Tolakan ini akan membantu perenang meluncur lebih cepat sebagai awalan.

  1. Perhatikan Posisi Tubuh

Saat melakukan gaya ini, posisi tubuh sejajar dan berada di bawah permukaan air. Anda juga harus memastikan otot dalam keadaan rileks sehingga sangat penting untuk tetap tenang.

  1. Gerakan Kaki harus Serasi

Gerakan kaki dalam renang gaya bebas harus bisa bekerja sama. Kaki berfungsi sebagai pendorong ke depan dengan cara menaik-turunkan tungkai kaki secara bergantian dan menyilang. Sederhananya, gerakan kaki mirip dengan gerakan saat Anda berjalan di tanah.

  1. Gerakan Tangan sebagai Penarik

Tangan dalam renang gaya bebas berfungsi sebagai penarik tubuh. Gerakannya berupa berputar ke arah depan menyerupai baling-baling helikopter. Posisi jari telapak tangan juga harus rapat dan terbuka agar bisa digunakan sebagai penarik.

Saat tangan kanan bergerak ke atas, tangan kiri berkerak ke arah bawah. Gerakan tangan akan saling berputar bergantian.

  1. Perhatikan Teknik Napas

Anda juga diharuskan tahu teknik napas yang benar. Teknik bernapas dalam renang gaya bebas cukup sulit, bahkan sering dianggap lebih sulit dibanding gaya lain.

Saat renang gaya bebas, cara bernapasnya adalah dilakukan satu arah, bisa ke kiri atau ke kanan. Hal ini dilakukan untuk berenang gaya bebas jarak pendek dan menengah.

Sedangkan untuk renang jarak jauh, teknik napasnya dilakukan dengan dua kali ke arah kiri dan kanan dengan bergantian. Teknik napas ini butuh latihan cukup lama, namun jadi hal yang penting untuk dilakukan.

  1. Gerakan yang Saling Terkoodinir

Gerakan dasar di atas harus dilakukan dengan baik dan terkoordinir dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar renang gaya bebas benar-benar bisa dilakukan. Selain itu juga menghindari cidera dan melatih stamina.

Itulah informasi terkait teknik dasar renang gaya bebas. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.