Piala Dunia 2022 Grup A: Belanda Bikin Nasib Tuan Rumah Qatar Kian Suram, Senegal Buat Ekuador Gigit Jari
Timnas Belanda keluar sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Qatar di laga terakhir. (Foto: Twitter/@OnsOranje)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Belanda mengakhiri fase penyisihan grup Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 2-0 atas Qatar, Selasa, 29 November malam. Sementara Senegal berhak menemani Belanda ke babak 16 besar setelah menang atas Ekuador di laga penentuan.

Kemenangan Belanda atas Qatar menjadikan tim asuhan Louis van Gaal sebagai juara Grup A dengan tujuh poin. Sementara Qatar yang berstatus tuan rumah Piala Dunia 2022 kian terbenam dengan menelan tiga kekalahan.

Senegal yang merengkuh tiga poin dari Ekuador, naik ke posisi kedua dengan enam poin. Sedangkan Ekuador harus puas hanya di posisi ketiga dengan empat poin dan ikut tersingkir bersama Qatar.

Belanda Vs Qatar

Meski hanya butuh hasil seri, Belanda tetap tampil menekan. Mereka beberapa kali mengancam gawang tuan rumah.

Namun, Belanda baru bisa mencetak gol pada menit ke-26. Cody Gakpo mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Davy Klaasen.

Belanda menambah keunggulan mereka di babak kedua. Frenkie de Jong mampu memanfaatkan bola muntah hasil upaya Memphis Depay di menit ke-50.

The Flying Ducthman sebenarnya mencatak gol ketiga pada meit ke-68 lewat Steven Berghuis. Namun, gol ini dianulir wasit setelah dalam tayangan VAR Gakpo sudah lebih dulu melakukan handsball.

Hingga laga berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Qatar pun menelan kekalahan ketiga mereka di Grup A.

Ekuador Vs Senegal

Sementara itu di pertandingan lain, Senegal berhasil memenangi pertarungan hidup dan mati melawan Ekuador. Padahal, Ekuador hanya butuh hasil imbang dalam laga ini.

Kedua tim bermain sengit di babak pertama. Namun, petaka menimpa Ekuador di menit akhir jelang istirahat turun minum.

Ekuador mendapatkan hukuman penalti. Ismaila Sarr yang maju sebagai algojo dari Senegal, sukses menuntaskan tugasnya.

Ekuador kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-63 lewat aksi Caicedo. Namun, Kalidou Koulibaly membuat Senegal kembali unggul 2-1 pada menit ke-70.

Kemenangan 2-1 ini sudah cukup buat Senegal untuk menemani Belanda ke fase knockout.

Klasemen akhir Grup A:

  1. Belanda 7 poin
  2. Senegal 6 poin
  3. Ekuador 4 poin
  4. Qatar 0 poin