120 Peserta Ikut Kejuaraan Dunia Binaraga di Mandalika, Indonesia Mengandalkan Mantan Juara Dunia
Kejuaraan Dunia Binaraga. (Foto via Antara/Nur Imansyah)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia menggelar Kejuaraan Dunia Binaraga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Ada 120 peserta yang ikut ambil bagian.

Mereka datang dari 18 negara dan siap unjuk otot dalam kejuaraan yang dimulai 19 November dan berakhir 20 November 2022.

Ketua Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI), Kemalsyah Nasution, dari 120 peserta, 70 di antaranya merupakan atlet mancanegara. Sementara sisanya berasal dari Indonesia.

Indoensia sendiri sudah punya andalan. Dia adalah atlet binaraga fisik Indonesia yang juga merupakan juara dunia, Dody Syahputra.

"Jadi mereka berlaga di 47 katagori binaraga. Ada yang kelas amatir yang digelar Sabtu ini dan untuk kelas profesional pada Minggu malam," kata Kemalsyah seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 19 November.

Menurut Kemalsyah, Kejuaraan Dunia Binaraga ini merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia. Dia pun menjelaskan kenapa memilih Mandalika sebagai venue pertandingan.

"Kenapa Mandalika, karena tempat ini sekarang lagi 'booming' menjadi destinasi olahraga wisata atau sport tourism di Indonesia," terangnya.

Kemalsyah menyampaikan kegiatan WWF World Indonesia mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Termasuk, beberapa induk olahraga.

"Jadi, untuk memeriahkan kejuaraan binaraga ini, kami menggelar parade atlet dan Festival Layang-layang. Tujuannya bagaimana menggelorakan olahraga ini kepada masyarakat Indonesia, terutama NTB," katanya.