Arti Warna Bendera di MotoGP: Jangan Sampai Keliru Ya
Arti Warna Bendera di MotoGP (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Latihan gratis MotoGP Mandalika, Sabtu (19/3/2022) pernah dihentikan setelah bendera merah dikibarkan menyusul insiden pembakaran sepeda motor Alex Rins. Ada cukup banyak jenis bendera yang digunakan di MotoGP. Lalu apa arti warna bendera di MotoGP?

Ada 11 bendera dengan warna dan motif berbeda di MotoGP. Masing-masing tentunya memiliki makna tersendiri, salah satunya bendera merah yang dikibarkan sesaat setelah motor pembalap Suzuki tersebut terbakar.

Selain bendera merah, MotoGP pasti akan menggunakan bendera kotak-kotak dengan motif papan catur di garis finis. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut 11 fungsi bendera yang digunakan pada motor grand prix paling bergengsi tersebut:

Berikut beberapa bendera yang digunakan di MotoGP:

Salah satu bendera MotoGP (Unsplash)
Salah satu bendera MotoGP (Unsplash)

Arti Warna Bendera di MotoGP

BENDERA HIJAU

Bendera hijau berarti lintasannya bersih. Lampu hijau ditempatkan di pintu keluar pit box di setiap sesi latihan, pada awal putaran pengamatan, dan selama pemanasan.

BENDERA KUNING

Bendera ini dikibarkan untuk menunjukkan situasi berbahaya. Pengendara memahami bahwa mereka harus siap untuk berhenti dan selama bendera ini dikibarkan, mereka tidak boleh melewati pengendara lain.

BENDERA PUTIH

Jika flag marshal mengibarkan bendera ini saat hujan, pebalap MotoGP boleh masuk pit box untuk mengganti motor mereka dengan yang disesuaikan dengan hujan.

BENDERA PUTIH DENGAN DIAGONAL PALANG MERAH DAN BENDERA KUNING DAN BENDERA MERAH

Kombinasi bendera ini hanya memberi tahu pengendara di mana trek basah karena hujan.

BENDERA BIRU

Bendera ini dikibarkan untuk memberitahu pengendara bahwa pengendara di belakang akan lewat.

BENDERA MERAH

Bendera ini digunakan dengan lampu merah untuk menunjukkan bahwa sesi balapan atau latihan sedang dihentikan. Pengendara harus memperlambat dan kembali ke kotak pit sesegera mungkin.

BENDERA HITAM

Bendera ini ditunjukkan bersama dengan nomor yang sesuai dengan pebalap, artinya pebalap harus segera kembali ke kotak pit.

CEK BENDERA

Bendera ini menandakan selesainya balapan atau sesi latihan.

BENDERA HITAM DENGAN DISK ORANGE

Bendera ini diperlihatkan untuk memberi tahu pengendara bahwa sepeda motor mereka memiliki masalah teknis yang dapat membahayakan mereka dan orang lain.

Jadi setelah mengetahui arti warna bendera di MotoGP, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!