PT LIB dan Klub Sepakat Munculkan 3 Opsi Tanggal Kompetisi Liga 1 Berlanjut
Konferensi pers seusai pertemuan PT LIB dengan klub soal nasib kompetisi. (foto: Ulfa Gusti/VOI )

Bagikan:

JAKARTA - Operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengungkap tiga opsi tanggal untuk memulai kembali kompetisi musim 2022/2023 yang sempat tertunda hampir satu bulan.

Juni Rachman selaku Komisaris Utama PT LIB mengungkap opsi tanggal setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan klub peserta Liga 1 dalam agenda Owner's Club Meeting di Hotel Sultan.

“Ada beberapa opsi tanggal (Liga 1 kembali berguli), mulai dari 18 November, 25 November, dan 2 Desember," kata Juni Rachman ditemui Jumat, 4 November malam WIB.

"Untuk selesainya, berakhirnya kompetisi, 16 April, semua di tanggal 16 April, karena tidak bisa lewat dari itu," tambahnya soal kepastian akhir kompetisi.

Meski tanggal digelarnya kembali Liga 1 masih berupa opsi, tapi akhir kompetisi dinyatakan Juni dengan jelas. Pasalnya menurut Juni, Liga 1 harus rampung tepat waktu karena Indonesia tengah bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"April harus (selesai), karena Mei kita Piala Dunia U20 dan itu semua sudah harus steril satu bulan sebelumnya. Bahkan, bukan sebulan, tapi dari November, nanti akan diinspeksi oleh FIFA," ucap Juni Rachman.

Ditundanya Liga 1 2022-2023 merupakan dampak dari terjadinya Tragedi Kanjuruhan Malang ada 1 Oktober lalu. Insiden itu merenggut 135 nyawa yang mayoritas merupakan suporter Arema FC.