Bagikan:

YOGYAKARTA - Manfaat mempunyai pengetahuan dan keterampilan bela diri tampaknya tidak  perlu kita ulas. Hal itu tentu akan membikin kita dapat membela diri sendiri dan orang lain ketika perlu, olahraga bela diri bahkan dapat membikin badan kita sehat. Bagaimana kiat memilih bela diri yang cocok?

Persoalannya, kadang belajar bela diri lewat kursus seringkali tidak menempuh keberhasilan. Sekali mulai bolos dari latihan, alhasil kita bahkan keluar dojo tanpa sukses mengambil ilmu dan keterampilan bela diri yang kita ikuti. Artinya, kita gagal dong!

Bagaimana memilih bela diri yang tepat, yang memberi kesempatan keberhasilan kita menerima ilmu dan kesanggupan bela diri?

Tips Memilih Bela Diri yang Cocok

 

Tentukan Tujuan Anda

Berkaitan masalah untuk mencari sasana bela diri di dekat anda, hal pertama yang seharusnya anda pertimbangkan yakni mencari tahu disiplin apa yang mau anda pelajari, serta intensitas latihannya.

Alternatif anda mungkin akan bervariasi dari disiplin seperti Brazilian Jiu-Jitsu, bela diri campuran (MMA), atau Muay Thai.

Dikala anda memilih ragam disiplin yang bisa membawa anda menempuh tujuan, setelah itu anda bisa mencari sasana bela diri yang mengajarkannya.

Cari Tahu Tentang Sasana Dan Pelatih

Saat anda telah memilih sebagian sasana bela diri, periksalah laman website mereka, bacalah sebagian review itu, atau berdiskusilah dengan mereka yang berlatih di sana.

Usulan yang anda terima akan menolong untuk mempertimbangkan apakah sasana dan para pelatihnya sesuai bagi anda. Anda tak akan mau bergabung ke dalam sebuah sasana cuma untuk mengamati bahwa gaya belajar anda berseberangan dengan gaya berlatih di sana.

Dengan sejumlah pertimbangan matang, mungkin saja anda bisa berlatih di bawah sosok seperti penantang teratas divisi strawweight Muay Thai Josh “Timebomb” Tonna.

Oleh karena itu, sasana bela diri dan pelatihnya tidak senantiasa menjadi barometer utama – anda juga seharusnya mengawali untuk mencoba latihan gratisan dan mengetahui lebih jauh para murid lainnya.

Lihat Suasananya

Faktanya, anda bisa jatuh cinta ketika berlatih bela diri dan menemukan diri anda berada di sasana lebih lama dibanding waktu anda di rumah, tapi hal ini cuma bisa anda rasakan jika anda merasa bahwa sasana, pelatih dan murid-muridnya memberi anda suasana seperti rumah kedua.

Anda bisa menikmati suasana di sasana dengan mencontoh latihan gratisan. Ketika berada di dalam kelas, lihatlah di sekitar anda dan perhatikan bagaimana murid lainnya saling berinteraksi, serta bagaimana ragam relasi yang tercipta antara pelatih dan para muridnya.

Apakah mereka akrab layaknya sebuah keluarga? Atau apakah terdapat jarak di antara mereka? Terlepas dari mana yang terbaik, semua hal itu kembali ke preferensi masing-masing. Tapi, pastikan bahwa suasana di sasana bisa membikin anda senantiasa termotivasi.

Seriuslah Berkomitmen

Tentunya anda mau menghindari keanggotaan satu tahun penuh di sasana sekiranya anda cuma akan stop sesudah beberapa kali saja, dan konsisten diharuskan membayar.

Sekiranya sasana itu cuma menawarkan kelas bagi mereka yang bersedia join selama satu tahun penuh, tanyakan pada diri anda sendiri, apakah anda sanggup berjanji selama itu. Bila anda tidak sanggup, mungkin ada bagusnya mencari sasana yang menarik tarif per bulan.

Terlepas dari permasalahan ini, anda semestinya jujur pada diri anda, dan tak memaksakan energi atau dana yang anda miliki. Saat anda sudah menentukan semua elemen itu, barulah anda bisa benar-benar menemukan sasana bela diri terbaik di dekat kediaman anda.

Jadi setelah mengetahui cara memilih bela diri yang cocok, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!