Kolombia Masuk Kalender Balap Jangka F1 Panjang
F1 (Instagram.com/@f1)

Bagikan:

JAKARTA - Kota Barranquilla di Kolombia disebut masuk dalam kalender balap Formula 1 (F1) jamgka panjang. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Walikota Barranquilla, Jaime Pumarejo.

Pumarejo mengatakan bahwa kotanya masuk dalam rencana penambahan tempat lain di Amerika Selatan untuk balapan F1. Bahkan, ia mengklaim prosesnya telah berjalan dengan lancar.

“Prosesnya berjalan dengan baik, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” papar Pumarejo, dikutip dari Motorsport Week pada Kamis, 3 November.

“Kami masih di sana, artinya, ini adalah kemungkinan yang nyata dan gamblang; ini adalah proyek berkelanjutan secara finansial yang membawa investasi ke kota dengan dipromosikan oleh sektor swasta,” tambahnya.

Kolombia telah mengisyaratkan bahwa mereka siap bekerja sama dengan F1 untuk lokasi balapan terbaru dengan masa kontrak jangka panjang. Apalagi belakangan diketahui bahwa berbagi kota di seluruh dunia juga tengah membuka minatnya menjadi lokasi baru.

Situasi itu menyusul peningkatan popularitas dan konsumsi terhadap olahraga balapan mobil cepat itu.

Saat ini, F1 hanya menjadi tuan rumah satu balapan di Amerika Selatan yakni di Brasil. Negara ini masuk ke dalam jadwal balapan selama beberapa dekade terakhir.

Adapun, sejumlah tempat baru yang telah bergabung dengan F1 dalam beberapa tahun terakhir adalah Miami dan Las Vegas di Amerika Serikat, serta Arab Saudi dan Qatar di Timur Tengah.

Sementara itu, CEO F1, Stefano Domenicali dilaporkan tengah melakukan perjalanan ke Kolombia untuk meninjau kekayaan dan kelayakan negara yang diwacanakan menjadi tuan rumah grand prix itu.