Barcelona Jadikan Mikel Arteta Calon Pelatih Masa Depan
Manajer Arsenal, Mikel Arteta. (Foto: Twitter @Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona kini disebut-sebut mulai membidik Mikel Arteta sebagai kandidat kuat pelatih mereka di masa mendatang menggantikan Xavi Hernandez. Namun, Barcelona tak akan melakukannya dalam waktu dekat.

Arteta resmi menjadi pelatih kepala Arsenal pada tahun 2019. Setelah membimbing klub London itu meraih gelar Piala FA tahun lalu, juru taktik asal Spanyol itu pun diberi posisi manajer untuk merepresentasikan tugasnya yang lebih luas di klub.

Kepercayaan itu pun langsung dibayar pria berusia 40 tahun tersebut. Dia sukses memimpin The Gunners untuk menduduki puncak Premier League Inggris setelah melewati 12 pertandingan.

Perjalanan ini otomatis membuat reputasi Arteta sebagai manajer kian harum. Terlebih lagi, mantan pemain yang berposisi sebagai gelandang itu membangun tim pemain muda yang mengesankan dengan permainan menyerang dan atraktif.

Untuk itu banyak yang memprediksi Arteta akan menjadi salah satu pelatih top di masa depan. Sinyalnya adalah gelar Manager of the Month, penghargaan untuk manajer terbaik tiap bulan, di tiga kesempatan berbeda.

Outlet media Spanyol, Sport, melaporkan performa gemilang Arteta tersebut telah menarik minat dari Barcelona. Klub Catalunya itu melihatnya sebagai 'kandidat yang kuat' sebagai pelatih mereka di waktu mendatang.

Akan tetapi, raksasa La Liga Spanyol itu tak akan mendekati Arteta untuk menggantikan pelatih saat ini, Xavi. Blaugrana dilaporkan cuma 'menandai' Arteta sebagai 'calon terkuat di masa depan'.

Kapan Arteta bakal dibajak? Tak ada yang pasti. Namun, Barcelona diyakini tak akan kesulitan untuk merayunya kembali ke Camp Nou.

Arteta memiliki hubungan yang dekat dengan tim Catalan itu. Pasalnya, dia pernah menghabiskan tiga tahun di akademi La Masia dan sempat bermain untuk tim Barcelona C dan Barcelona B.

Selain itu, dia juga bekerja di bawah mantan bos Barcelona Pep Guardiola di Manchester City sebagai asisten manajer sebelum pindah ke London Utara.