Breakdancing akan Dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024
Breakdancing (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Breakdancing bersama tiga olahraga lainnya yaitu selancar, skateboard, dan sport climbing telah mendapat tempat di Olimpiade Paris 2024 setelah Komite Olimpiade Internasional meratifikasi pencantuman mereka pada Senin, 7 Desember.

Komite penyelenggara Paris 2024 tahun lalu telah mengajukan keempat olahraga itu ke dalam daftar olahraga yang dipertandingkan dan menunggu peninjauan final dari Dewan Eksekutif OIC.

Selancar, memanjat, dan skateboard, telah menjadi bagian dari Olimpiade Tokyo 2020, setelah diajukan bersama karate oleh komite tuan rumah Jepang.

Breakdancing atau breaking adalah gaya tari yang pada awalnya berkembang di jalanan Amerika Serikat.

Breakdancing membuat debut di Olimpiade Pemuda 2018 di Buenos Aires, Argentina.

Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 mengatakan mereka ingin menghadirkan program yang menyesuaikan zaman dan akan menarik audiensi baru dan lebih muda.

Dibawa regulasi IOC yang pertama kali diperkenalkan di Olimpiade Tokyo, setiap kota tuan rumah diperbolehkan memilih olahraga dan mengajukan mereka untuk dimasukkan ke dalam Olimpiade jika olahraga itu populer di negara tersebut dan menambah daya tarik pesta olahraga sedunia itu.

OIC telah berusaha keras untuk menyegarkan program olahraga Olimpiade untuk tetap relevan dengan para sponsor, pemegang hak siar, dan para fan yang lebih muda, demikian laporan Reuters seperti dilansir Antara, Selasa.