Cara Skipping yang Benar agar Bergerak Lincah dan Gesit
Ilustrasi cara skipping yang benar (unsplash/Elemen5 Digital)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Skipping atau lompat tali menjadi pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini dilakukan dengan bantuan alat berupa jump rope atau tali skippt. Meski terlihat mudah namun ada langkah khusus atau cara skipping yang benar.

Skipping termasuk ke dalam olahraga kardio atau gerakan fisik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Skipping cukup efektif membakar kalori dan membangun daya tahan tubuh. Olahraga ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, skipping juga direkomendasi untuk orang yang menjalankan program diet. 

Cara Skipping yang Benar

Olahraga skipping memerlukan kombinasi kemampuan tubuh, mulau dari kelincahan, energi, pernafasan, kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi. Olahraga skipping tidak bisa dilakukan dengan gerakan yang asal-asalah. Berikut tips dan langkah melakukan gerakan skipping yang benar.

Memilih Tali yang Tepat

Sebelum mulai melakukan skipping, pastikan anda memilih jump rope atau tali skippt yang tepat. Tali skipping yang tepat harus sesuai dengan bentuk tubuh anda sehingga anda akan nyaman saat memakainya. 

Jangan memilih tali yang terlalu pendek karena tali akan menyangkut di kaki anda saat diayunkan. Jangan juga memilih tali yang terlalu panjang karena akan sulit diayunkan dan gerakan ayunananya tidak beraturan. Pastikan tali sesuai dengan ketinggian badan anda. Cobalah tali saat membelinya, sesuaikan pegangan di bawah ketiak anda dan tali cukup longgar untuk pergerakkan anda. 

Memegang Tali 

Ada trik khusus dalam memegang tali skipping. Dalam jump rop atau alat tali skipping biasanya terdapat pegangan dengan lapisan karet. Pegang tali dengan genggaman kedua tangan senyaman anda.

Setelah itu letakkan tali di belakang tubuh anda, tepat menyentuh belakang tumit anda. Pergerakan tali dimulai dengan memutar perlahan lengan bawah anda ke depan. Kemudian diikuti dengan memutar pergelangan tangan anda untuk mengayunkan tali ke atas. 

Lompatan Pertama

Saat tali berayun sudah terayun ke atas, tekuk sedikit lutut anda untuk mengambil ancang-ancang. Ketika tali sudah melewati kepala dan berada tepat di depan tulang kering kaki anda, waktunya untuk melompat. Lompatan dilakukan menggunakan jari-jari kaki atau lompat kecil. 

Mulailah gerakan pertama dengan perlahan untuk membangun keseimbangan dan konsentrasi. Ulangi pelan-pelan terlebih dahulu sampai anda menguasai tempo waktunya. Setelah melakukan beberapa lompatan, anda akan tahu timming lompatan. 

Menjaga Putaran Tali

Setelah melakukan berulang kali lompatan, anda akan nyaman dengan sendirinya. Dalam kondisi tersebut, pergelangan tangan Anda dapat melakukan pekerjaan seolah bekerja secara otomatis. Pergelangan tangan anda akan memutar tali dengan tenaga dan ritme yang sama. Jadi anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak gerakan dan tenaga untuk memutar tali. 

Lompatan berulang 

Saat gerakan sudah tangan sudah nyaman, anda juga akan melakukan lompatan berulang-ulang dengan tenang dan nyaman. Pastikan posisi tubuh tetap berada di atas kaki seperti pada awal, atau tidak bergeser. Posisi ini akan membuat gerakan anda lebih lincah dan gesit. 

Semakin lama anda melakukan lompatan, betis anda akan merasa lelah. Anda bisa menerapkan teknik lompatan bergantian antara kaki kanan dengan kaki kiri atau melompat dengan satu kaki. Dengan gerakan ini, anda bisa mengistirahatkan betis anda scara bergantian.

Itulah cara skipping yang benar bagi pemula. Perlu latihan secara rutin untuk bisa melakukan gerakan skipping yang luwes dan gesit. Anda bisa menerapkan jadwal skipping di pagi hari atau sore hari dengan durasi waktu 20 menit sampai 1 jam. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.