Santiago Solari Kembali ke Real Madrid sebagai Direktur Valdebebas
Santiago Solari (Twitter @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa minggu yang lalu, Marca melaporkan tentang awal pembicaraan untuk kembalinya Santiago Solari ke Real Madrid. Kini, kesepakatan itu telah tercapai.

Dalam beberapa pekan mendatang, Solari akan kembali ke Los Blancos sebagai direktur Valdebebas. Pengalaman profesional terakhirnya adalah sebagai pelatih America of Mexico, posisi yang dia tinggalkan Maret lalu.

Prestasi terbesarnya adalah mencapai final Liga Champions CONCACAF, kalah dari Monterrey.

Solari selalu dianggap sebagai club man dan sepenuhnya siap untuk mengambil posisi apapun. Sebagai pemain yang bergabung dari Atletico Madrid, ia kemudian pindah ke Inter Milan, San Lorenzo, Atlante dan Penarol.

Dia memulai karier kepelatihannya dengan tim remeja Real Madrid dan naik ke bangku tim utama pada tahun 2018, pada waktu yang rumit.

Menggantikan Julen Lopetegui, ia meninggalkan pos untuk kembalinya Zinedine Zidane, yang mengundurkan diri setelah memenangkan Liga Champions dalam final di Kyiv.

Setelah meninggalkan posisi pelatih kepala tim utama, Solari tetap dikaitkan dengan klub ini sebagai duta besar dan selalu memiliki hubungan dekat dengan jajaran atas manajemen.

Kini ia kembali dengan tugas mengelola Valdebebas. Keputusan olahraga akan tetap dibuat oleh Manu Fernandez dan timnya, tetapi Solari akan ada di sana untuk membantu dengan cara apa pun yang diperlukan.

Dia akan menjadi konsultan di semua tingkatan dari posisinya sebagai orang yang percaya diri total dan mutlak.

Selain itu, Florentino Perez dan para direktur juga telah memutuskan untuk melakukan sedikit penyesuaian pada area eksekutif klub. Jika tidak ada perubahan, Jose Luis Ruiz Exposito akan menjadi salah satu manajemen puncak klub.

Exposito adalah seorang partner di Ernst & Young yang tahu seluk beluk manajemen klub sepak bola. Bahkan, sebagai auditor eksternal, ia telah mengaudit akun Real Madrid dan tim Spanyol lainnya seperti Valencia, Sevilla, Betis, Malaga, Eibar, dan Barcelona.