PSSI Bahas Rencana Uji Coba Timnas U-20 Indonesia Lawan Belanda
Delegasi PSSI saat mengunjungi KNVB (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Tim nasional U-20 Indonesia kemungkinan melakukan uji coba melawan timnas Belanda kelompok umur yang sama sebagai persiapan menuju Piala Dunia tahun depan.

Rencana itu dibicarakan ketika delegasi PSSI mengunjung Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) beberapa waktu lalu untuk menjalin kerja sama. Kerjasama juga dilakukan PSSI dua raksasa Belanda, Feyenoord dan Ajax Amsterdam.

Selain itu membahas rencana uji coba, PSSI juga bertukar ide terkait best-practices di bidang Scouting, Coach Education, Youth Development, Sepakbola Wanita dan Pengelolaan Timnas.

"Kedua pihak juga menjajaki potensi training camp di Belanda serta pertandingan uji coba antara tim U-20 Indonesia melawan tim U-20 Belanda," tulis PSSI dalam laman resmi mereka.

Saat ini timnas Indonesia U-20 sedang menjalani pemusatan latihan di Turki. Sebanyak 34 pemain dipanggil oleh Shin Tae Yong untuk mengikuti persiapan tersebut.

Setelah dari Turki, skuad Garuda Muda akan melanjutkan kegiatan mereka ke Spanyol. Sejumlah pertandingan uji coba pun akan dilakukan selama rentang waktu pemusatan latihan.

Tim nasional Belanda U-20 sebenarnya tidak berpartisipasi di Piala Dunia U-20 tahun depan. Namun, uji melawan skuad Muda Orange akan menjadi modal yang bagus buat Indonesia di hajatan terbesar kelompok umur itu.

Turnamen yang diikuti oleh 24 tim tersebut sebenarnya digelar tahun lalu di Indonesia. Namun, pandemi virus corona membuat FIFA menggeser turnamen tersebut ke 20 Mei sampai 11 Juni 2023.