37 Hari Menuju Piala Dunia 2022: Menanti Kepastian Shakira, Dua Lipa dan BTS Tampil dalam Upacara Pembukaan di Qatar
Ilu

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu momen yang paling ditunggu dari setiap Piala Dunia adalah Upacara Pembukaan. Di Qatar 2022 akan berlangsung pada hari Minggu, 20 November di Stadion Al Bayt di kota Jor pukul 19.00 (waktu setempat).

Masih belum diketahui secara resmi siapa penyanyi yang akan tampil. Namun, FIFA berharap untuk menyegel kesepakatan dengan boygroup Korea, BTS dan menurut berbagai media, Shakira bisa kembali hadir dalam upacara pembukaan.

Menurut Total Reporter, penyanyi Kolombia akan membuka Piala Dunia bersama Dua Lipa dan BTS, yang akan melakukan debut mereka di panggung pembukaan Piala Dunia.

"Pelantun 'Waka Waka' itu tidak akan sendirian di atas panggung, karena akan ditemani artis lain yang sedang populer di seluruh dunia: Dua Lipa dan grup K-Pop populer Korea, BTS," bunyi laporan tersebut, dikutip Jumat.

FIFA belum mengonfirmasi berita tersebut, tetapi rumor mulai menyebar dan penggemar sudah membayangkan betapa spektakulernya pertunjukan sebelum pertandingan pembuka antara Qatar vs Ekuador.

Berikut ini lagu-lagu resmi Piala Dunia:

Chile 1962: El Rock del Mundial

Tradisi memiliki lagu untuk mengidentifikasi Piala Dunia dimulai di Chile 1962, dengan lagu rock klasik 1960-an yang dibawakan oleh 'Los Ramblers' dan ditulis oleh Jorge Rojas.

Inggris 1966: World Cup Willie (Where In This World We Are Going)

Inggris pun tak mau ketinggalan dan juga memutuskan untuk memberikan ketukan rock pada lagu yang menandai Piala Dunia 1966 mereka. Lagu ini dinyanyikan oleh Lonnie Donegan.

Meksiko 1970: Futbol Mexico 70

Ditampilkan oleh Los Hermanos Zavala, sebuah keluarga dengan tradisi musik di Meksiko. Lagu itu berjudul: Futbol Mexico 70 dengan irama klasik dari negara tuan rumah.

Jerman 1974: Futbol

Maryla Rodowicz adalah wanita pertama yang membawakan lagu untuk kompetisi sepak bola Piala Dunia pria.

Argentina 1978: El Mundial

Dibawakan oleh Buenos Aires Municipal Symphony

Spanyol 1982: Mundial '82

Dibawakan oleh penyanyi tenor Placido Domingo, ia memiliki stempel khusus pada ritme lagu tersebut.

Meksiko 1986: El Mundo Unido por Balon

Ini dianggap sebagai salah satu lagu paling populer bagi para penggemar tahun-tahun itu. Ditulis oleh komposer Meksiko Juan Carlos Abara.

Italia 1990: Un'estate italia

Dikomposisikan oleh musisi Italia Giorgio Moroder dan Amerika Tom Whitlock dan ditampilkan oleh Gianna Nannini dan Edoardo Bennato.

Amerika Serikat 1994: Gloryland 

Dengan lagu ini, FIFA merilis rekaman pertamanya. Dan karya musik ini dieksekusi oleh Daryl Hall dan Sounds of Blakness.

Prancis 1998: La Copa de la Vida

Lagu lain yang paling diingat dan populer sepanjang edisi Piala Dunia, dibawakan oleh ikon musik Latin: penyanyi Puerto Rico, Ricky Martin.

Korea-Jepang 2002: Boom

Penyanyi Amerika Anastacia dipilih untuk membawakan lagu tersebut untuk Piala Dunia dua negara pertama.

Jerman 2006: The Time of Our Lives

Sebuah lagu emosional yang dibawakan oleh penyanyi Amerika Tony Braxton dan kuartet Italia Il Divo.

Afrika Selatan 2010: Waka Waka (THis Time for Africa)

Bagi banyak orang, ini lagu paling menarik dalam sejarah ritme Piala Dunia, dibawakan dan ditulis oleh penyanyi asal Kolombia Shakira bekerja sama dengan grup Afrika Selatan Freshlyground.

Brasil 2014: We Are One (Ole Ola)

Ditulis oleh Sia Furler dan dibawakan oleh Pitbull, Jennifer Lopez dan Claudia Leitte.

Rusia 2018: Live It Up

Menampilkan Nicky Jam, Will Smith, Era Istrefi dan Diplo.

Qatar 2022: Hayya, Hayya, Better Together

Dinyanyikan oleh American Trinidad Cardona, Nigeria Davido dan penyanyi asal Qatar, Aisha.