Mengenal Apa Itu Kerb Sirkuit dan Manfaatnya di Lintasan Mandalika Hingga Harus Diperbaiki?
Ilustrasi kerb Sirkuit Mandalika (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjelang World Superbike (WSBK) yang akan digelar pada 11-13 November 2022, Pertamina Mandalika International Street Circuit melakukan perbaikan pada kerb yang ada di lintasan pacu tersebut. Lalu, apa itu kerb sirkuit dan apa manfaatnya hingga harus diperbaiki?

Apa Itu Kerb Sirkuit

Secara umum kerb atau curbstones adalah jalur yang ada di samping sirkuit utama. Biasanya jalur tersebut dicat dengan warna yang mencolok agar lebih estetik dan mudah dilihat. Kerb bisa jadi garis pembantu bagi pembalap untuk mengetahui batas racing line sehingga mereka tak keluar jalur.

Jalur kerb berbeda dengan lintasan utama karena memiliki tekstur gundugan gerigi. Jarak minimal kerb minimal 12 meter dengan bagian awal dan akhir dan bentuknya segitiga. Sirkuit yang bertaraf internasional harus memiliki kerb.

Di Indonesia, salah satu sirkuit yang memiliki kerb adalah Sirkuit Mandalika. Di lintasan tersebut kerb dicat warna warna merah putih. Namun karena sering dilewati pembalap tak jarang muncul goresan warna hitam bekas ban.

Fungsi Kerb

Kerb dibuat tidak hanya untuk alasan estetika saja. Kerb ini memiliki daya cengkram atau grip lebih baik dari aspal sehingga membantu pembalap melintas lebih baik saat mereka sengaja atau tidak keluar dari jalur utama.

Selain itu kerb juga membantu pembalap melakukan jump start. Pembalap akan lebih mudah menyalakan mesin di jalur tersebut.

Biasanya kerb akan diwarnai dengan tiga warna yakni merah-putih, dan hijau. Masing-masing punya fungsinya. Jalur merah-putih mendandakan kerb berfungsi untuk pemandu pembalap di lintasan, sedangkan warna hijau berfungsi sebagai penanda track limit atau pembatas track.

Jenis Kerb

Kerb atau curbstones punya dua jenis yakni Entry Kerb dan Exit Kerb. Masing-masing memiliki dua kondisi yang berbeda.

Entry Kerb merujuk pada keadaan ketika pembalap mulai memasuki tikungan mereka akan melewati entry kerb atau pada et-x tikungan. Sedangkan Exit Kerb adalah kondisi dimana pembalap hendak tancap gas saat keluar dari tikungan. Mereka akan melewati exit kerb untuk membantu mendapatkan kecepatan mereka lagi.

Kerb Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika yang digunakan untuk arena balap bertaraf internasional memiliki kerb yang dibuat sesuai standar. Namun saat ini pihak pengelola tengah melakukan proses perbaikan sebelum digunakan pada WSBK Indonesia 2022 nanti.

Kerb Mandalika dibuat seperti sirkuit MotoGP Misano, Italia. Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba menjelaskan bahwa proses penggantian sudah dilakukan.

"Penggantian kerb dari yang biasa menjadi kerb Misano sudah selesai," kata Samsul Purba, dikutip dari Antara.

Sebelumnya kerb di Mandalika lebarnya hanya satu meter. Sedangkan kerb Misano memiliki spesifikasi yang lebih lebar.

"Yang baru ini bertambah lebar menjadi 1,5 meter seperti di Sirkuit Misano, makanya disebut kerb Misano," tutur Samsul Purba. 

Ia juga menjelaskan bahwa perbaikan kerb di Mandalika dilakukan di Tikungan 5 dan Tikungan 6 dan panjang keseluruhan mencapai 260 meter. 

"Perbaikannya tidak menerus dalam satu garis, jadi ada beberapa titik di dua tikungan itu saja," katanya lagi.

Perbaikan kerb dilakukan atas rekomendasi Dorna Sport dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM). Hal itu juga dilakukan agar sirkuit lolos dalam uji standar atau homologasi grade A.

Selain terkait apa itu kerb sirkuit dan manfaatnya di lintasan Mandalika, dapatkan informasi menarik di VOI.ID.