Bagikan:

JAKARTA - Kapten tim nasional Belanda Virgil van Dijk merasa puas timnya bisa menekuk Belgia yang saat ini berada di peringkat kedua dunia FIFA.

Belanda memastikan diri lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023 setelah menang 1-0 atas Belgia di laga terakhir Grup A4 di Amsterdam Arena pada Senin, 26 September dini hari WIB.

Van Dijk mencetak satu-satunya gol di menit ke-73 melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Cody Gakpo.

"Setelah gol itu, kami menciptakan lebih banyak peluang dan (seharusnya) bisa mencetak dua, tiga atau empat (lagi). Tapi kami pasti akan menganalisis permainan dan melihat apa yang bisa kami tingkatkan," ujar van Dijk dilansir situs UEFA.

Kemenangan ini membuat Belanda tidak merasakan satu kekalahan pun dalam enam pertandingan selama babak penyisihan grup.

Mereka total menang lima kali dan mendapat satu hasil untuk mengoleksi 16 poin. The Flying Dutchman unggul enam angka dari Belgia yang menjadi runner up grup.

"Kami selalu bisa berkembang tetapi tidak mudah untuk bermain melawan peringkat dua dunia dan melawan salah satu gelandang terbaik di dunia, Kevin de Bruyne, dan Eden Hazard," ujar van Dijk.

"Pekerjaan selesai. Itu sulit hari ini. Menjaga clean sheet sangat penting. Ada sedikit peluang mereka bisa membalikkan keadaan, tetapi kami merasa yakin bahwa kami pasti bisa memastikan mereka tidak mencetak tiga gol," lanjutnya.

Belanda adalah satu dari dua tim yang sudah memastikan tiket semifinal. Selain mereka, Kroasia juga sudah sudah melaju ke empat besar setelah di laga terakhir mengalahkan Austria.