Bagikan:

YOGYAKARTA – AC Milan baru saja memperkenalkan Tijjani Reijnders di website resminya. Gelandang jangkung asal Belanda berdarah Indonesia ini dikontrak AC Milan hingga musim 2028 atau lima tahun dari sekarang. Reijnders didatangkan dari AZ Alkmaar dengan nilai transfer sekitar 20 juta euro atau Rp335 miliar. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam profil Tijjani Reijnders, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Tijjani Reijnders

Tijjani Reijnders adalah pesepakbola asal Belanda yang memiliki ikatan dengan Indonesia. Ibunya, Angelina Lekatompessy merupakan wanita asal Maluku, Indonesia.

Pemain berusia 24 tahun itu mengawali kiprah sepak bolanya di FC bolanya di FC Twente U-17. Pada 2016 dia kemudian pindah ke PEC Zwolle U-19, hingga pada akhirnya bergabung dengan AZ Alkmaar setahun kemudian.

Pada musim 2020/2021, Reijnders mengemas enam gol dan dua assist dalam 22 kali penampilan untuk AZ Alkmaar.

Musim berikutnya, Tijjani Reijnders semakin menggila. Ia mengoleksi tujuh gol dan 12 assist dalam 54 pertandingan.

Reijnders termasuk pemain penting di lini tengah AZ Alkmaar. Pada musim 2022/2023 lalu, Reijnders menjadi pemain yang selalu bermain di Eredivisie.

Tak cukup sampai disitu, Reijnders juga punya andil membawa AZ Alkmaar lolos ke semifinal UEFA Conference League. Hanya saja, mereka gagal melaju ke partai final karena kalah dari West Ham dengan agregat 3-1 pada babak semifinal. Reijnders bikin gol saat AZ kalah 2-1 di kandang West Ham.

Disadur dari Transfermarkt, nilai transfer Tijjani Reijnders mencapai 8 juta Euro.Akan tetapi,  AC Milan rela merogoh kocek hingga 20 juta euro untuk memboyong Reijnders dari AZ Alkmaar.

Bergabungnya Reijnders ke Milan merupaka bukti bahwa pemain berdarah Maluku tersebut memiliki kualitas yang sip. Perannya di lini tengah diharapkan bisa mengganti sosok Sandro Tonali.

"Saya seorang gelandang box-to-box yang suka bermain sepakbola menyerang, menciptakan peluang untuk rekan setim saya atau menempatkan diri saya pada posisi untuk mencetak gol," ucap Reijnders dalam wawancara pertamanya dengan Milan.

"Dalam hal bertahan, saya tidak pernah mundur, jadi saya menganggap diri saya tipikal gelandang box-to-box," sambung Reijnders. 

Sekedar informasi tambahan, pada tahun 2022, Reijnders masuk dalam daftar pemain yang direkomendasikan Shin Tae-yong ke PSSI untuk dinaturalisasi.  Kala itu, yang mengurus prosesnya adalah Hasani Abdulgani. Namun, Tijjani Reijnders menolak permintaan itu.

Di sisi lain, Reijnders ternyata pernah mengambil bagian di TimnasU-20 Belanda. Ia juga masuk ke dalam daftar 32 pemain Belanda yang menjalani ajang UEFA Nations League.

Ini artinya, Reijnders sempat bekerja sama dengan pemain kenamaan Belanda, seperti Nathan Ake, Memphis Depay, Virgil Van Dijk hingga Frenkie De Jong.

Reijnders turut ambil bagian di skuad Der Oranje pada babak semifinal UEFA Nations League melawan Kroasia yang dipentaskan pada 14 Juni 2023.

Demikian informasi tentang profil Tijjani Reijnders. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.