Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate mengaku heran dan bingung dengan hasil yang diterima timnya saat berhadapan dengan Italia di UEFA Nations League. Pada pertandingan yang berlangsung di San Siro, Sabtu, 24 September dini hari WIB tersebut, Inggris kalah 0-1.

Dalam pertemuan Grup 3 itu, Italia selaku tuan rumah menang lewat gol tunggal dari Giacomo Raspadori pada menit ke-68.

Kekalahan ini membuat The Three Lions terjerembab ke dasar klasemen Grup 3 UEFA Nations League A dan terdegradasi. Hingga matchday kelima mereka hanya mampu mengoleksi dua poin.

Menyikapi hasil yang diraih, Southgate menilai timnya sebenarnya mampu menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan banyak peluang.

“Sulit bagi saya untuk terlalu kritis terhadap kinerja tim. Kami memiliki lebih banyak penguasaan bola, lebih banyak tembakan, lebih banyak yang mengarah ke gawang," ucap Southgate dikutip dari Sky Sports.

"Untuk sebagian besar permainan, kami bermain sangat baik. Kami tidak berurusan dengan penentuan saat bertahan dan kami memiliki momen di mana kami bisa lebih menentukan di sepertiga akhir lawan,” lanjutnya

Kendati harus menerima hasil pahit, tapi Southgate mengapresiasi performa tim yang sudah berusaha keras berjuang. Ia berusaha mencari sisi positif dari penampilan kali ini.

“Kualitas kami kurang. Ini adalah periode di mana pada akhirnya hasil akan menjadi semua reaksi orang, tetapi saya pikir ada banyak hal positif bagi kami sebagai sebuah tim,” ujarnya.

"Ada banyak penampilan individu yang bagus. Performanya sangat bagus, menuju ke arah yang benar. Namun, saya benar-benar mengerti bahwa akan banyak reaksi dari luar,” pungkasnya.