Bagikan:

JAKARTA - Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi Utama dan Divisi Satu (Kejurnas Antarklub) akan kembali bergulir tahun ini setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Livoli 2022 akan dimulai dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Antarklub (Livoli Divisi Satu). Kompetisi ini akan digelar dari 25 September sampai 2 Oktober mendatang di GOR Debes, Kabupaten Tabanan, Bali.

"Sudah dua tahun tidak ada Livoli dan tahun ini langsung ada gebrakan. Kami bikin Livoli yang biasanya hanya satu seri menjadi tiga seri," kata Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI Hanny S. Surkatty dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 21 September.

Setelah Kejurnas Antarklub, ajang Livoli akan berlanjut ke Divisi Utama. Pelaksanaan Livoli Divisi Utama tahun ini akan berlangsung di tiga tempat berbeda setelah edisi sebelumnya hanya digelar di satu tempat.

Dua babak reguler masing-masing akan digelar di GOR Tawangalun, Banyuwangi (11-16 Oktober), dan GOR Sritex Arena, Solo (18-23 Oktober). Kompetisi lalu berakhir di babak final four dan final di GOR Ki Mageti, Magetan (4-10 November).

Surkatty mengatakan bahwa untuk tahun ini masing-masing klub peserta akan mendapat dana subsidi. Besaran dana yang diterima masing-masing klub berbeda di setiap divisi.

"Antarklub di Bali menerima subsidi sebesar 10 juta, sedangkan di Livoli 15 juta di babak reguler dan 25 juta di final four dan final. Kenapa kami kasih subsidi karena klub ini adalah klub yang membina atlet bola voli dan mereka juga bukan disokong perusahaan, melainkan klub murni," kata Sukatty.

Nantinya Livoli Divisi Satu akan diikuti oleh 23 tim putra dan 19 tim putri dari 16 provinsi. Awalnya ada 18 provinsi yang ikut mendaftar, tetapi Papua dan Sulawesi Utara kemudian mengundurkan diri.

Sementara itu, Livoli Divisi Utama akan diikuti oleh 16 tim peserta. Masing-masing empat tim putra dan empat tim putri akan memainkan babak reguler di Banyuwangi, sedangkan sisanya akan bermain di Solo.

Tim-tim yang berada di Pool A Putra adalah juara bertahan Berlian Bank Jateng, TNI AU, Indomaret, dan Ganevo. Tim-tim ini akan bermain di GOR Sritex Arena bersama tim putri yang masuk Pool EE, yakni Popsivo Polwan, Kharisma, TNI AU, dan Wahana Express Group.

Sementara itu Pool B Putra diisi Samator, DPURR Grobogan, Yuso Yogyakarta, dan Pasundan. Tim ini akan bermain di Banyuwangi bersama Pool DD Putri, yakni juara bertahan Bank Jatim, Vita Solo, TNI AL, dan Petrokimia.

Peringkat satu dan dua dari Banyuwangi dan Solo akan masuk final four di Magetan. Sementara itu, peringkat empat di masing-masing kota akan kena degradasi ke Divisi Satu, sebaliknya peringkat satu dan dua di Divisi Satu akan naik ke Divisi Utama.