Juara US Open 2022 Carlos Alcaraz Sudah Teken Kontrak Pertama dengan Sponsor di Usia 10 Tahun
Carlos Alcaraz (Instagram @carlitosalcarazz)

Bagikan:

JAKARTA — Juara turnamen tenis grand slam US Open 2022 Carlos Alcaraz sudah menandatangani kontrak pertamanya dengan sponsor di saat ia masih berusia 10 tahun.

Petenis Spanyol berusia 19 tahun itu menjuarai grand slam pertama dalam kariernya di lapangan keras akhir musim itu pada Senin kemarin. Ia mengklaim gelar usai menumbang wakil Norwegia, Casper Ruud.

Kemenangan Flushing Meadows itu mengantar Alcaraz naik tiga peringkat untuk mengambil alih nomor satu dunia. Ia diikuti Ruud di tempat kedua yang naik lima peringkat.

Keberhasilan Alcaraz ini sepertinya sudah diprediksi beberapa jenama top dunia jauh sebelumnya. Produsen raket asal Prancis Babolat, termasuk cukup beruntung setelah mendapatkan kerja sama pada 2013 lalu saat Alcaraz berusia 10 tahun.

Nike menyusul setelah itu dengan mulai mensponsori Alcaraz pada tahun 2015 lalu. Namun, Alcaraz baru menandatangani kontrak profesional pertamanya pada tahun 2020 yang dilaporkan bernilai satu juta poundsterling.

Sementara itu, tahun ini Rolex mengikuti hype dengan menjadikan Alcaraz sebagai duta merek mereka. Alcaraz pun adalah atlet termuda yang pernah mereka dukung.

Alcaraz sekarang benar-benar banjir uang setelah menyusul BMW dan perusahaan makanan Spanyol ElPozo sebagai sponsornya. Kerja sama dengan jenama lain pun cukup terbuka melihatnya kansnya di ajang-ajang besar pada masa mendatang.

Bakat Alcaraz mulai menjadi pusat perhatian saat ia berusia 16 tahun. Perhatian semakin tertuju padanya setelah ia melakukan debut di ATP di Rio Open setelah menerima wildcard untuk undian utama tunggal putra.

Ia kalah di babak kedua dari Federico Coria, tetapi potensi yang dimilikinya menjadi daya tarik tersendiri. Setahun kemudian ia menjadi petenis termuda yang berkompetisi di Australia Open setelah ia lolos ke babak utama.

Sebelum berjaya di US Open, Alcaraz sudah terlebih dulu mengukir prestasi di Madrid Open dan Miami Open. Ia menjuarai kedua ajang Masters 1000 itu yang merupakan dua dari lima gelarnya di tahun ini.