Hasil Bulu Tangkis Japan Open: Tuan Rumah Borong Dua Gelar, Indonesia Tak Kebagian
Pebulu tangkis tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi usai menjuarai turnamen Japan Open 2022 di Osaka, Minggu 4 September 2022. (Antara/AFP/Yuichi Yamazaki)

Bagikan:

JAKARTA - Tim tuan rumah Jepang membawa dua gelar juara pada Japan Open 2022 yang masing-masing diraih oleh Kenta Nishimoto dari nomor tunggal putra dan Akane Yamaguchi pada tunggal putri.

Dalam pertandingan final di Maruzen Intec Arena, Osaka, Minggu, Nishimoto mempersembahkan gelar pertama untuk Jepang setelah mengalahkan unggulan keempat Taiwan Chou Tien Chen 21-19, 21-23, 21-17.

Gelar tersebut menjadi yang pertama bagi Nishimoto sejak terjun dalam turnamen internasional level senior pada 2013 lalu. Pebulu tangkis peringkat ke-21 dunia itu juga menjadi juara baru Japan Open 2022 setelah dalam dua edisi terakhir didominasi oleh wakil lainnya dari Jepang Kento Momota.

Jepang memastikan gelar kedua di Osaka hari ini berkat kemenangan Yamaguchi atas unggulan ketiga Korea Selatan An Se-young 21-9, 21-15. Itu menjadi titel ketiga bagi Yamaguchi melengkapi gelar di kejuaraan edisi 2013 dan 2019.

Tim Tuan rumah sebetulnya berpeluang membawa tiga gelar melalui ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Namun unggulan ketiga itu gagal mengatasi perlawanan pasangan nomor satu dunia asal Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Yuta/Arisa, yang sehari sebelumnya berhasil menghentikan rekor kemenangan wakil China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, kembali gagal menjadi juara di depan publik sendiri usai takluk 21-16, 21-23, 18-21 kepada Dechapol/Sapsiree di partai final.

Dechapol/Sapsiree menjadi juara baru Japan Open setelah Sudket Prapakamol/Saralee Thungthingkam yang meraih titel tersebut pada 2005 lalu. Pada empat edisi terakhir, juara ganda campuran selalu dimenangi wakil China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping yang saling bergantian menaiki podium teratas pada periode 2016-2019.

Di nomor ganda putri, All Korean Final dimenangi Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong yang akhirnya berhasil mematahkan pertahanan Baek Ha-na/Lee Yu-lim dalam pertarungan ketat berdurasi 1,5 jam yang berakhir dengan skor 23-21, 28-26.

Sementara itu, gelar juara ganda putra menjadi milik China berkat kemenangan Liang Wei Keng/Wang Chang atas pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 21-18, 13-21, 21-17.

Liang/Wang menjadi juara baru Japan Open 2022 setelah pada tiga edisi terakhir selalu didominasi wakil Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.