Menpora Ajak Pemuda Sukseskan MotoGP Mandalika 2021
Menpora Zainudin Amali (dok. Humas Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk menyiapkan race officials MotoGP 2021 di dalam kawasan Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, pemuda daerah di Mandalika mulai menumbuhkan minat kewirausahaan.

Di mana menurutnya, bonus demografi dari pemuda-pemudi harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Secara khusus mendorong program di kawasan super prioritas di Mandalika.

"Kemenpora memandang pemuda memiliki peran yang strategis untuk penumbuhan minat kewirausahaan. Kaitan dengan Kemenpora saja misalnya, kalau tidak ada halangan, akan ada kegiatan MotoGP tahun depan. Event balapan tingkat dunia akan dilaksanakan, diikuti dari berbagai peserta negara dan disiarkan langsung dari penjuru dunia," ungkap Menpora Zainudin Amali dalam keterangannya, Senin, 16 November.

Guna menyukseskan kegiatan tersebut Kemenpora mengajak Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia) untuk secara bertahap menyiapkan potensi usaha bagi pemuda-pemudi di Mandalika, Lombok Tengah.

"Untuk itu, masyarakat disana harus siap. Orang yang datang nantinya kesana harus nyaman dan aman. Jangan sampai orang datang ada kegiatan balap motor tingkat dunia, tetapi mereka nginap ditempat lain. Maka, para pemuda harus siap menyongsong Mandalika sebagai tempat super prioritas," jelasnya.

Sejauh ini kawasan Ekonomi Khusus Mandalika memiliki panjang pantai 14,6 kilometer. Mulai dari pantai Mandalika, pantai Seger, pantai Tanjung Aan, hingga pantai Gerupuk yang paling timur yang terletak di Desa Mertak.

Sedangkan lahan area sirkuit MotoGP seluas 130 hektar yang terdiri 18 tikungan sepanjang lintasan berjarak 4.32 kilometer. Rencana fisik sirkuit MotoGP yang dibangun sejak Agustus 2019 itu diperkirakan selesai pada awal 2021.