Bagikan:

YOGYAKARTA – Pivot dalam permainan bola basket adalah teknik memutar bola dengan salah satu kaki sebagai poros pada permainan bola basket.

Pivot termasuk salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh seorang pemain basket. Kendati gerakannya terlihat mudah, pivot tak bisa dilakukan asal-asalan.

Dikutip VOI dari laman resmi Internasional Basketball Federation/FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) pivot adalah gerakan berputar yang bertumpu pada satu kaki dan kaki lainnya bergerak ke segala arah pada bola basket.

Putaran kaki atau badan tersebut dapat diputar hingga 360 derajat, selama tidak bergeser kaki yang satunya, karena satu kaki sebagai tumpuan, atau poros, jika kedua kaki sama-sama bergerak maka akan terjadi pelanggaran (kesalahan).

Adapun yang disebut sebagai kaki poros atau tumpuan yakni kaki yang tetap berada di atas lantai atau lapangan.

Teknik Pivot biasanya digunakan setelah menerima umpan dari rekan setim. Pivot menjadi salah gerakan yang paling banyak dilakukan oleh pebasket, terlebih saat menguasai bola di pertahanan lawan. Biasanya, pivot dikombinasikan dengan gerakan Post Up Moves, Hook shot, atau mengumpan ke pemain laiinnya.

Tujuan Pivot dalam Permainan Bola Basket

Dihimpun dari berbagai sumber, Gerakan pivot tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, teknik dasar ini memili fungsi dan tujuannya sendiri. Adapun tujuan pivot dalam permainan bola basket antara lain:

  • Sebagai gerakan awal sebelum menembak atau mengumpan kepada rekan satu tim.
  • Untuk mengelabui atau mengecoh penjagaan laawan sehingga mempermudah untuk mencetak angka jarak dekat.
  • Untuk Melonggarkan pressing dari tim lawan. Gerakan pivot memungkinkan seorang pemain untuk dapat menempati posisi yang lebih baik sehingga bola mudah dikuasai untuk step offense.
  • Untuk menahan bola sembari berfikir terkait langkah selanjutnya yang akan diambil. Gerakan ini juga memungkinkan seorang pebasket untuk memperbaharui strategi serangannya.
  • Untuk menunggu teman satu tim yang bergerak tanpa bola guna mencari posisi shooting atau passing yang lebih baik.

Fungsi Pivot Dalam Permainan Bola Basket

Fungsi pivot dalam permainan bola basket adalah untuk melindungi bola dari sergapan lawan.

Pivot kerap digunakan oleh seorang pebasket karena ada aturan yang menyebutkan bahwa pemain yang memegang bila harus melakukan dribble dan tidak diperkenankan melakukan gerakan tanpa driblle. Oleh sebab itu, pemain melakukan pivot untuk menghindari violation atau pelanggaran terhadap aturan tersebut.

Aturan Pivot dalam Permainan Bola Basket

Seperti yang sudah dibahas di atas, pivot tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Seorang pemain yang ingin melakukan pivot harus mengikuti aturan berikut ini:

  • Pebasket hanya bisa memutar kaki atau tubuhnya dengan bertumpu pada kaki yang digunakan sebagai poros atau tumpuan.
  • Selama masih menguasai bola, pemain tidak diperkenankan untuk mengangkat kaki pivotnya dari lapangan.
  • Kaki yang digunakan sebagai tumpuan, baru boleh menjejak lapangan ketika bola sudah dilepaskan dari tangan, baik dengan gerakan shooting, passing ataupun dribbling.
  • Pemain tidak boleh mengganti pivotnya begitu saja.
  • Pivot tidak bisa dilakukan setelah pemain men-dribble bola.

Jika aturan tersebut dilanggar, maka pemain bakal dikenakan foul dan lawan berhak mengambil bola.

Cara Melakukan Pivot dalam Permainan Bola Basket

Untuk menghindari foul atau pelanggaran, pivot harus dilakukan dengan cara yang benar. Sebelum melakukan pivot, tentukan mana kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan atau poros. Pasalnya, selama melakukan pivot, hanya satu kaki yang boleh diangkat.

Setelah Anda menentukan kaki untuk pivot, putaran bisa dilakukan. Anda bisa berputar ke setiap arah yang diinginkan (360o).

Adapun langkah-langkah melakukan pivot dalam permainan bola basket antara lain:

  • Memposisikan pinggang dan lutut sediit menekuk, sehingga terlihat membungkuk.
  • Pandangan mata tetap ke depan, jangan menghadap lantai ataupun bola.
  • Pegang bola basket dengan erat agar tidak gampang dicuri lawan. Ketika melakukan pivot, bola bisa diposisikan di dekat pinggang, dagu, atau bawah pinggang.
  • Berputar ke arah yang dinginkan dengan poros kaki masih menjejak ke lapangan.

Demikianlah informasi mengenai pivot dalam bola basket. Perlu dingat, pivot tidak bisa dilakukan sembarangan. Pahami dan ikuti aturan yang ada agar tidak terkena pelanggaran.